Azalea, Alumni SMAN 5 Banjarmasin Raih Beasiswa Universitas Terbaik di China

0

SATU lagi anak bangsa berhasil meraih prestasi. Alumni SMAN 5 Banjarmasin lulusan tahun 2022 bernama Azalea Beatrayni Azzahra berhasil meraih beasiswa S1 di dua universitas negeri terbaik di China (Tiongkok).

DUA universitas yang menawarkan beasiswa itu adalah Sichuan University dan Zhengzhou University. Dari dua universitas ini, Azalea memutuskan memilih Sichuan University karena peringkatnya berada di atas Zhengzhou University.

“Selain itu Kota Chengdu di Provinsi Sichuan memiliki pemandangan yang indah, terutama pada musim gugur dan musim semi,” ujar Azalea dalam keterangannya diterima jejakrekam.com, Senin (12/9/2022).

Faktor itu pula memengaruhi dirinya untuk memilih beasiswa di China. Azalea memilih jurusan IPA selama bersekolah di SMAN 5 Banjarmasin ini menyatakan, karena saat ini Negara China atau Tiongkok perkembangan ekonomi dan teknologinya paling cepat di dunia bahkan sudah bersaing ketat dengan Amerika Serikat. Dirinya ingin menyerap ilmu dari sana dan kelak akan mengaplikasikannya di tanah air.

BACA : Jhonlin-Hasnur Group Salurkan Beasiswa Putra-Putri Anggota Polda Kalsel yang Gugur Bertugas

Setelah dicari datanya di internet, memang Sichuan University (SCU) adalah salah satu universitas paling bergengsi di China untuk pendidikan, penelitian, dan dampak sosialnya, peringkatnya saat ini berada pada rangking 10 universitas negeri terbaik di China.

Ditanya lebih lanjut fakultas atau jurusan apa yang dipilih di Sichuan University, Azalea memilih civil engineering atau fakultas teknik sipil. Saat ditanya lagi apa triknya agar bisa menembus beasiswa di China, lulusan terbaik III SMAN 5 Banjarmasin tahun 2022 ini mengatakan menguasai bahasa Inggris adalah hal terpenting agar bisa menembus beasiswa di luar negeri.

“Karena TOEFL merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi para pemohon beasiswa luar negeri,” kata Azalea, tersenyum.

BACA JUGA : Ahmad Ulya Hidayat; Kisah Sukses Urang Banjar Bekerja di Freeport Indonesia

Gadis kelahiran Banjarmasin tanggal 19 Desember 2003 ini mendapatinformasi beasiswa S1 di China dari internet. Sebelumnya, dia juga mencari informasi beasiswa S1 di Eropa, namun biaya hidup di sana sangat mahal. Dibandingkan di China, justru biaya makan dan minum relatif murah, akhirnya diputuskan mencari universitas di China. Azalea mendapatkan beasiswa atau scholarship yang meliputi biaya kuliah, buku dan sewa asrama hingga lulus S1.

“Alhamdulillah, atas izin Allah dan dukungan kedua orangtua, saya bisa menimba ilmu di China mulai tahun ini” ungkap Azalea.

BACA JUGA : Bergaji Rp 20 Juta per Bulan, Dibuka Lowongan bagi Perawat-Bidan Bekerja ke Jepang

Suasana kampus Sichuan University di Kota Chengdu Provinsi Sichuan, China. (Foto PPIT Chengdu)

Didirikan pada 1896, Sichuan University terletak di Kota Chengdu Provinsi Sichuan, China, sebuah kota yang maju dan berteknologi tinggi dengan lebih dari 3000 tahun perjalanan sejarahnya.

Seven World Cultural Heritages and World Natural Heritage Sites (Tujuh Warisan Budaya Dunia dan Situs Warisan Alam Dunia) terdapat disini. Kota ini juga tidak jauh dari Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding (Pusat Penelitian dan Pembiakan Panda Raksasa Chengdu) yang terkenal itu.

BACA JUGA : Guru SMAN 2 Banjarmasin Bertolak ke Jepang, Walikota Ibnu Sina Dukung Guru Berprestasi

Universitas ini mempunyai sistem perpustakaan akademik terbesar di China Selatan dan museum universitas kelas dunia, rumah sakitnya juga salah satu yang terbaik di China. Dengan budaya yang tinggi, lokasi kampus dengan pemandangan indah, dan fasilitas yang nyaman, SCU sangat ideal untuk kehidupan mahasiswa.

BACA JUGA : Ada 9 Mahasiswa Balangan yang Menimba Ilmu di Tiongkok Dipulangkan

SCU mempunyai hubungan dengan 306 lembaga dan organisasi ilmiah di seluruh dunia. SCU telah melakukan dan menyelesaikan sejumlah besar proyek penelitian internasional dan nasional yang besar. SCU telah mengembangkan program akademik bersama dengan 220 universitas riset terkemuka dari lebih dari 38 negara dan wilayah, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Inggris.

Untuk membantu siswa internasional beradaptasi lebih baik dengan lingkungan kampus, SCU menyediakan 16 program akademik yang disampaikan dalam bahasa Inggris untuk para peserta didik. Termasuk teknik sipil yang dipilih oleh Azalea.(jejakrekam)

Penulis Pram (Kontributor)
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.