Alalak Utara Wakili Provinsi Kalsel Ikut Lomba Desa/Kelurahan Regional Nasional 2022

0

KELURAHAN Alalak Utara akhirnya mewakili Provinsi Kalsel dalam kegiatan penilaian pemaparan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Regional 3 tahun 2022, di Ditjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

TERPILIH mewakil Pemprov Kalsel setelah dinyatakan sebagai pemenang pertama dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalsel, di Bulan Agustus lalu. Penyerahaan penghargaan atas prestasi kelurahan tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor kepada Lurah Alalak Utara, Eddy Nawahyuni, bertepatan dengan peringatan hari jadi Pemprov Kalsel ke-72.

Kegiatan penilaian pemaparan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Regional 3 tahun 2022, diselenggarakan dari tanggal 5 hingga 12 September 2022. Diikuti oleh 20 desa, dan 19 kelurahan, menjaring 3 desa dan 3 kelurahan di setiap regional.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina ikut langsung mengantar Lurah Alalak Utara Eddy Nawahyuni, di Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Regional 3 tahun 2022, di Kementerian Dalam Negeri. Beliau mengatakan, keikutsertaan Kelurahan Alalak Utara dalam lomba tersebut harus menjadi teladan bagi kelurahan lain.

BACA: Tonjolkan Program IT, Alalak Selatan Sabet Juara I Lomba Kelurahan Tahun 2020 se-Banjarmasin

“Juara harus menjadi teladan bagi kelurahan lain,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

“Dengan diselenggarakannya lomba seperti ini,” lanjutnya, “selain memberikan semangat juga memberikan kesempatan kepada daerah lain untuk belajar sekaligus praktek di Kelurahan Alalak Utara.”

Wilayah Kelurahan Alalak Utara dikelilingi oleh sungai, sehingga cukup banyak potensi yang bisa untuk dicontoh, baik dari sisi pariwisata maupun dari sisi ekonomi kreatif.

“Ibu-ibu yang selama ini menjadi salah satu pilar keberhasilan produk sasirangan di Kota Banjarmasin. Kampung Sasirangan itu ada di kelurahan lain, tetapi para pekerjanya ibu-ibu yang memiliki kreatifitas mayoritas berada di Kelurahan Alalak Utara. Sehingga mereka menjadi salah satu lingkaran bagi keberlanjutan produk Sasirangan Kota Banjarmasin,” jelasnya.

“Keberhasilan yang diraih Kelurahan Alalak Utara hingga bisa berkompetisi dalam penilaian tingkat nasional, tidak lepas dari pembinaan pemerintah kota, pemerintah provinsi melalui SKPD terkait,” katanya lagi.(jejakrekam)

Penulis prokom-banjarmasin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.