Segudang Manfaat Siwalan dan Air Legen Manis Menggoda Para Pembeli di Banjarmasin

0

BUAH musiman yang biasanya dijumpai di kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa kini hadir di Banjarmasin. Buah lontar yang di Pulau Jawa disebut siwalan ini dijual di Jalan Pangeran Hidayatullah, Banua Anyar, Banjarmasin oleh pedagang asal Jawa.

DIKUTIP dari Merdeka.com, siwalan merupakan buah rendah kalori dengan kandungan 43 kalori setiap 100 gram, 11 gram karbohidrat, serta kaya dengan kalsium dan fitonutrisi. Buah ini juga mengandung serat, protein, zat besi, serta vitamin C, A, E, K, dan B7.

Sejumlah kandungan dari siwalan ini menjadikannya buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Ada beberapa manfaat dari siwalan seperti meningkatkan kesuburan, mencegah dehidrasi, antibiotik alami, obat diabetes, pereda stres, asupan energi, menjaga fungsi hati dan ginjal serta kesehatan kulit.

BACA : Berbahan Gula dan Sampah Organik, Petani KPH Tabalong Dilatih Bikin Eko-Enzim Multifungsi

Tak hanya buah siwalan yang dijual per biji seharga Rp 15 ribu, ada pula air legen manis dalam kemasan botol bekas air mineral ukuran 1.500 militer atau 1,5 liter dibanderol seharga Rp 25 ribu.

“Buah siwalan dan air legen dari pohon lontar ini didatangkan dari Tuban, Jawa Timur. Memang, buah siwalan dan air legen ini kebanyakan ditemukan di daerah Pantura Jawa. Sebab, di Kalsel memang tak ada pohon lontar, terutama tumbuh di pinggir pantai,” kata Dekis, pedagang keliling buah siwalan dan air legen saat ditemui jejakrekam.com, Sabtu (3/9/2022).

BACA JUGA : Pedagang Kelapa Parut Sebut Kebun Kelapa Terancam Hilang

Menurut dia, biasanya buah siwalan ini baru panen dimulai pada Juni dan berakhir pada Desember. Pasokan buah siwalan dan air legen langsung didatangkan dari Tuban, Jawa Timur.

“Sekarang, jumlah kiriman dari Jawa mulai berkurang. Biasanya dikirim 1.000 biji, kini hanya ada 400 biji. Ya, biasanya kami berjualan di Banjarmasin dan Banjarbaru saja,” kata Dekis.

BACA JUGA : Dipercaya Berkhasiat Jaga Imun Tubuh dari Covid-19, Akar Bajakah Makin Diminati

Mobil pickup yang dikendarai Dekis menjual buah siwalan dan air legen saat diserbu para pembeli di Jalan Pangeran Hidayatullah, Banua Anyar, Banjarmasin. (Foto Sirajuddin)

Menurut dia, karena buah siwalan dan air legen terbilang langka di Kalsel, banyak pembeli memang sebagian penasaran. Benar saja, saat mobil pickup yang membawa ratusan buah siwalan singgah di tepi jalan, dihampiri para pembeli.

“Manfaat dari buah siwalan ini bagi kesehatan sudah dipercaya penuh khasiat. Terlebih lagi, saat musim panas, bisa menangkal dehidrasi,” kata pria asal Jember, Jawa Timur ini.

BACA JUGA : Bajakah Ada Banyak Jenis dan Khasiatnya, Ini Penjelasan David Suwito

Dekis yang kini tinggal di Karang Anyar Banjarbaru mengungkapkan buah siwalan ini didatangkan dari Jawa dalam jumlah banyak. Dirinya hanya pedagang, karena ada sang juragan yang menyediakan buah musiman ini.

“Saat ini, di daerah Pantura Jawa tengah panen. Makanya, pasokan menurun dikirim ke Kalsel. Karena, banyak dikirim ke Yogyakarta, Jakarta serta kota-kota lainnya di Pulau Jawa,” katanya.

Dengan rasa buah siwalan mirip daging kelapa, namun sedikit hambar, Dekis mengatakan manfaatnya justru bukan hanya pada daging, tapi juga kulit tipis yang bermanfaat untuk membersihkan ginjal, karena sedikit kelat.

BACA JUGA : Dari Hasil Riset ULM; Kalangkala, Buah Khas Pedalaman Kalimantan Bisa Jadi Obat

“Biasanya, ratusan biji siwalan ini laku terjual dalam sehari. Begitupula, air legen yang bisa disimpan dalam kulkas. Tapi ingat, saat menyimpan di kulkas, tutup botol harus dibuka, karena mengandung soda. Ya, mirip minuman bersoda,” beber Dekis.

Pembeli Setyo mengaku menggemari buah siwalan dan air legen. Menurut dia, air legen itu juga disimpan dalam beberapa hari bisa berubah menjadi tuak.

BACA JUGA : Sering Kencing dan Haus, Badan Lemas, Waspada Ginjal Sudah Terganggu

“Lebih enak lagi kalau air legen ini dikasih es batu, jauh menyegarkan. Karena buah musiman, di Jawa sendiri cukup langka ditemui. Ya, karena pohon lontar dan buah siwalan hanya ada di kawasan Pantura Jawa,” ucap pria asli Yogyakarta ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/09/03/segudang-manfaat-siwalan-dan-air-legen-manis-menggoda-para-pembeli-di-banjarmasin/,Apa manfaat minum air legen???,buah siwalan,https://jejakrekam com/2022/09/03/segudang-manfaat-siwalan-dan-air-legen-manis-menggoda-para-pembeli-di-banjarmasin/#:~:text=DIKUTIP dari Merdeka com, siwalan E, K, dan B7,kandungan legen,manfaat legen buat tubuh
Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.