MTQ Nasional XVIII Tingkat Kabupaten di Angsana Resmi Dibuka Bupati HM Zairullah Azhar

0

PEMBUKAAN Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XVIII Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu yang digelar di Lapangan Kantor Camat Angsana, Kecamatan Angsana, Jumat malam (2/9/2022) berlangsung meriah dan dihadiri ribuan masyarakat.

PENATAAN panggung mengusung konsep Masjid Nabawi Madinah Saudi Arabia terlihat megah. Membuat tamu undangan dan masyarakat berdetak kagum dengan pelaksanaan MTQN tingkat Kabupaten tersebut.

Seremonial pembukaan dimulai defile kafilah peserta lomba, penampilan tarian kolosal, menceritakan pemuda-pemudi Angsana yang relegius, taat beribadah, dan berbahagia, menyambut penyelenggaraan MTQN Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu di Kecamatan Angsana. Lalu dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh H. Darwin Hasibuan Qori Internasional juara MTQ di India, Malaysia, dan Iran.

Bupati HM. Zairullah, mengatakan, pelaksanaan MTQ bagi Tanbu bukanlah momentum yang sifatnya rutinitas semata, tetapi mengandung makna dahsyat seiring dengan visi dan misi menjadikan Tanah Bumbu menuju serambi madinah.

BACA: Program Satu Desa Satu Masjid, Tanbu Jadi Ikon Daerah Percontohan se-Indonesia

Sebab, jelasnya, kini Madinah adalah kota teraman di dunia dan pertumbuhan ekonomi yang sangat luar biasa, bahkan orang miskinnya dan pengangguran sedikit.

“Ketika orang sholat, toko tidak dikunci dan tidak terjadi apa-apa, mudah-mudahan suatu hari nanti Tanah Bumbu bisa seperti itu,” harapnya.

Ia mengaku bangga menyaksikan prosesi pembukaan MTQ dimulai defile kafilah dari berbagai kecamatan yang sangat meriah. Apalagi melihat generasi muda yang ikut penuh dengan semangat karena generasi muda inilah yang nantinya menjadi penerus pembangunan tanah bumbu ke depannya.

Kini, Ia bersama tokoh agama dan masyarakat Tanah Bumbu berkomitmen mengembangkan rumah tahfidz di seluruh desa. Kemudian memakmurkan satu masjid satu desa yang pelaksanaannya terus berlangsung di wilayah di Tanah Bumbu.

Program memakmurkan satu masjid satu desa ini, sambung pengasuh Istana Anak Yatim Kalsel ini, bertujuan mendidik anak-anak menjadi sosok yang religius, cinta masjid, berakhlak, dan cerdas yang nantinya akan meneruskan pembangunan di Tanah Bumbu.

“Kita ingin masjid buka setiap harinya, lantunan zikir dan sholawat, serta kegiatan keagamaan bergema diseluruh penjuru Tanah Bumbu,” inginnya.

Ketua Panitia Pelaksana MTQN XVIII, Liana Hamita, menyebutkan, digelarnya MTQN Tahun 2022 di Kecamatan Angsana bertujuan menumbuhkan potensi minat dan bakat generasi muda agar senantiasa membumikan Al-Quran. “Jadi mampu menghasilkan insan qurani yang unggul, cerdas, dan agamis,” tambahnya.

Ia mengakui, kegiatan digelar mulai 2-8 September 2022 tersebut, mengusung tema ‘Baca Al-Quran, Hayati, dan Amalkan Kandungannya untuk Akselerasi Pembangunan Bumi Bersujud Mewujudkan Tanah Bumbu Menjadi Serambi Madinah’.

BACA: Panitia MTQN XVIII Kabupaten Resmi Dikukuhkan Sekda Tanbu

Lomba sebanyak 28 cabang, serta festival rebbana, dengan jumlah total peserta sebanyak 626 orang dari 12 Kecamatan se-Tanbu.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Liana Hamita, ke Bupati Abah HM. Zairullah Azhar, atas arahan dan bimbingannya selaku pembina dan penasehat kegiatan MTQN XVIII Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu. “Serta ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi seluruh panitia dan kerjasama seluruh pihak terkait sehingga lomba MTQ terlaksana dengan baik dan lancar,” katanya.

Pembukaan ditandai penekanan sirena oleh Bupati HM. Zairullah Azhar didampingi Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tanbu H. Ambo Sakka, dan Kepala Kemenag Tanbu HM. Rudi Hilmi, serta dilanjutkan penyerahan piala bergilir MTQ oleh Bupati kepada Ketua Panitia Pelaksana MTQN XVIII Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.