Utusan Mendikbudristek Datang pada Kamis Lusa, Puncak Pilrek ULM Ditunda Sehari

0

SEJATINYA puncak pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2022-2026 digelar pada Rabu (31/8/2022) siang sekira pukul 11.00 Wita, batal terlaksana.

TERNYATA, utusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim batal bertolak ke Banjarmasin pada agenda yang telah disusun Panitia Pemilihan Rektor ULM itu.

Kabar itu didapat Ketua Senat ULM, Prof Dr Muhammad Hadin Muhjad usai berkomunikasi dengan Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kemendikbudristek, Nizam pada Selasa (30/8/2022).

“Untuk pemilihan Rektor ULM periode 2022-2026 dengan agenda suara utusan Mendikbudristek ditunda pada Kamis (1/9/2022) lusa. Agenda awal rencananya pada Rabu (31/8/2022) besok. Sebab, utusan Mendikbudristek sedang ada kegiatan yang tak bisa ditinggalkan,” ucap Hadin Muhjad kepada jejakrekam.com, Selasa (30/8/2022).

BACA : Besok, 3 Calon Rektor ULM Dites Wawancara Daring oleh Dirjen Dikti Kemendikbudristek

Menurut Hadin, utusan Mendikbudiristek yang memiliki hak kuasa suara 35 persen itu akan datang ke Banjarmasin pada Kamis (1/9/2022) lusa.

Informasinya, utusan sang menteri yang datang dikabarkan hanya selevel direktur di Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek. Namun, posisinya sangat menentukan karena memiliki hak suara sebanyak 35 persen.

Hitung-hitungannya, dari 67 atau 66 anggota Senat ULM yang hadir pada pemungutan suara pertama. Ini berarti suara utusan Mendikbudristek itu mengantongi sekitar 23-24 suara. Ada tiga calon Rektor ULM periode 2022-2026 yang akan dipilih, usai voting suara dari Senat ULM.

BACA JUGA : Tak Ada Raih Suara Mayoritas, Suara Mendikbudristek Paling Menentukan Rektor ULM Terpilih

Sebelumnya pada Rabu (24/8/2022) lalu, tiga calon Rektor ULM yang telah meraih suara terbanyak juga diwawancara atau tahapan asesmen secara virtual oleh pihak Ditjen Diktiristek Kemendikbud.

Berdasar hasil pemungutan suara Senat ULM pada Rabu (13/7/2022) dalam sidang tertutup di Aula Lantai 3 Rektorat ULM, Banjarmasin, diperoleh dulangan suara dukungan dari masing-masing kandidat.

BACA JUGA : Saring 3 Nama Calon, Usai Beber Visi-Misi, 4 Kandidat Rektor Berebut Suara Senat ULM

Yakni, peraih suara terbanyak adalah Prof Dr Achmad Alim Bachri (guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM) dengan 30 suara di posisi nomor urut 1. Alim Bachri sebelumnya menjabat Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM periode 2014-2018.

Disusul, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan ULM, Dr Achmad Syamsu Hidayat bermodal 24 suara bertengger di nomor urut 2. Terakhir, nomor urut tiga Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Prof Dr H Aminuddin Prahatama Putra, hanya mendulang 8 suara.

Suara utusan sang menteri sangat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang Rektor ULM terpilih periode 2022-2026 menggantikan Prof Dr Sutarto Hadi yang sudah dua periode menjabat di kampus itu.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.