8 SKPD di Balangan Ikuti Lomba Inovasi Balangan

0

DELAPAN SKPD di Kabupaten Balangan ikuti Lomba Inovasi Balangan (BAILANG) di Aula 1 Bappedalitbang, Selasa (23/8/2022).

KEPALA Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG) Kabupaten Balangan. Rakhmadi Yusni mengatakan lomba persentasi BAILANG rutin dilaksanakan setiap tahun.

“SKPD yang berhasil lolos, dari beberapa SKPD hanya 8 SKPD, Dukcatpil, Penanaman Modal, Dinas Pendidkan, Kepegawaian, Puskesmas Uren, dengan jumlah inovasi sebelas,” ucapnya.

Peserta yang melaksanakan presentasi hari ini inovasinya sudah pada tahap outcome dan sudah memenuhi kriteria untuk ajang Innovative Goverment Award (IGA).

Dari hasil penjaringan inovasi yang dilakukan oleh Bappedalitbang pada SKPD, BLUD dan UPT Puskesmas di Kabupaten Balangan, terjaring 98 inovasi yang berupa gagasan, ide, maupun inovasi yang sudah berjalan.

Disampaikan Rakhmadi Yusni, tujuan dari inovasi ini, pertama memang program atau arahan pemerintah pusat, dimana inovasi ini wajib dilakukan pemerintah daerah dan untuk Kabupaten Balangan minimal diwajibkan 1 SKPD 1 inovasi, untuk tahun depan itu mungkin dinaikkan lagi, 1 SKPD lebih dari 1 inovasi.

Berdasarkan laporan Kepala Bappedalitbang, dalam UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pasal 386 ayat (1) dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi.

Sebagai bentuk penjabaran perundangan tersebut, disahkan Peraturan Bupati Balangan No.40 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Inovasi Daerah di Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.