Disnakertrans Tanbu Upayakan Tekan Pengangguran

0

KABUPATEN Tanbu berupaya menekan angka pengangguran dengan meningkatkan kompetensi pencari kerja di Kabupaten Tanbu.

BADAN Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyebutkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Tanah Bumbu tahun 2023 pada bulan Agustus sebesar 6,56 persen.

BACA JUGA: Pada 14 Februari 2024, Sekda Tanbu Ajak ASN dan Non ASN Gunakan Hak Pilihnya

Persaingan mendapatkan pekerjaan di Tanah Bumbu, semakin ketat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kadri Mandar, memastikan peluang mendapatkan pekerjaan masih terbuka lebar.

‘Kita berupaya mengurangi angka pengangguran, bahkan Disnakertras Tanbu terus berupa menurunkan angka pengangguran di Tanah Bumbu (Tanbu),’ ujar Kadri di kantor Disnakertrans Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Kamis (15/2/2024).

BACA JUGA: Pada 14 Februari 2024, Sekda Tanbu Ajak ASN dan Non ASN Gunakan Hak Pilihnya

Upaya dengan memberikan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja, untuk mewujudkan ketenagakerjaan yang kompeten, terampil, dan siap bersaing, masuk perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

‘Peluang kerja diberikan kesempatan kepada warga asli daerah Kabupaten Tanah Bumbu, dengan memberikan prioritas dalam setiap peluang lowongan pekerjaan,’ tambahnya.

BACA JUGA: Pada 14 Februari 2024, Sekda Tanbu Ajak ASN dan Non ASN Gunakan Hak Pilihnya

Mempersiapkan warga Tanah Bumbu yang mencari pekerjaan, sambungnya, Pemkab Tanbu meningkatkan kompetensi siap kerja dengan memberikan pelatihan gratis di BLK di Pagatan.

“Adanya BLK (Balai Latihan Kerja) bisa mengurangi pengangguran dan menciptakan ketenagakerjaan yang terampil,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.