Mengenal Budaya Indonesia Hingga Berpetualang Di Danau Situ Baru

0

JAMBORE Nasional XI Gerakan Pramuka yang diselenggarakan dari 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 secara resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso, Minggu (14/8/2022).

SEPULUH ribu Pramuka Penggalang perwakilan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-Indonesia hadir di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Pada hari kedua pelaksanaan Jambore Nasional XI, peserta disuguhi kegiatan mengenal budaya-budaya daerah di Indonesia. Pada kegiatan tersebut peserta diarahkan berkeliling dari satu anjungan budaya ke anjungan budaya lainnya.

Di Anjungan Budaya ini peserta diberikan penjelasan tentang Kebudayaan di setiap provinsi. Seperti di Stand Anjungan Budaya Kalimantan Selatan, peserta antusias bergantian berfoto dengan Kuda Gepang, dengan latar belakang Air Guci yang sering dipakai pada acara-acara budaya Banua.

BACA: Hari Ini Kontingen Jamnas XI Kalsel Bergerak Ke Cibubur

Stand Anjungan Budaya Kalimantan Selatan yang menampilkan Kuda Gepang, sebagai suguhan seni yang sering dipertontonkan dalam acara-acara adat Banjar seperti pernikahan maupun dalam festival budaya.

Sementara itu, kegiatan petualangan air di Danau Situ Baru yang terletak masih di lingkungan Bumi Perkemahan Cibubur, para peserta disuguhi permainan eksperimen roket air, banana boat, futsal air, tenda apung, kayaking, serta pengetahuan water survival dan water rescue.

Selain dua kegiatan tersebut, peserta juga mengikuti kegiatan Kampung Pengembangan Berkelanjutan dan Wisata Edukasi.

Di kegiatan Kampung Pengembangan Bekelanjutan peserta dibekali pengetahuan tentang Dusun Aman, Dusun Ramah serta Dusun Humanis.  Sementara di Wisata Edukasi, peserta diajak berkunjung ke Istana bogor serta kawasan wisata Ancol.(jejakrekam)

Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.