Disaksikan Paman Birin, SKPD Kalsel Bersaing Mengolah Kuliner Masak Bom

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, membuka langsung lomba masak bom antar SKPD Provinsi dan lomba masakan Banjar untuk kalangan pelajar, yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Kalsel, di Banjarmasin, Sabtu (13/8/2022).

MASAK bom merupakan salah satu kuliner khas di Kalsel, yang memiliki keunikan tersendiri dalam pengolahannya. Selain manis dan gurih dalam cita rasa masakan, terdapat aroma khas karena menggunakan arang panas yang dicampur dengan masakan.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini pun mengajak masyarakat di Banua agar mencintai kuliner daerah, dan mensosialisasikan melalui berbagai media, termasuk media sosial agar lebih dikenal masyarakat luas.

BACA: Sempat Vakum 2 Tahun, Atraksi Perahu Hias Festival Budaya Pasar Terapung Jadi Hiburan Rakyat

Chief Khum selaku salah satu juri mengatakan, kriteria penilaian meliputi, rasa masakan dan presentasi. “Bahan harus original, kerja sama tim, penyajian akhir masakan, ditambah kebersihan dan gizi makanan,” ujarnya.

Khusus masak bom, menurut Chief Khum ada perlakuan khusus atau teknik masak, dan ada ledakan atau bunyi bom saat pengolahan makanan. “Masakan ini sangat berpotensi dan perlu disosialisasikan lebih luas agar banyak masyarakat tahu,” ujarnya.

Selain Chief Khum, juri lain adalah Aminatus Alifah Roy Rizali, istri Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Diketahui, Provinsi Kalsel selain memiliki sejumlah obyek wisata yang indah, juga memilki kudapan atau kuliner yang memilki cita rasa khas daerah, seperti Soto Banjar dan Ketupat Kandangan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.