Paman Birin Canangkan Gerakan Batamat Al-Qur’an

0

DALAM rangka melestarikan tradisi leluhur dan warisan budaya Banjar, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mencanangkan Gerakan Batamat Al-Qur’an, di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (13/8/2022).

GUBERNUR Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, khataman atau batamat Al-Qur’an sejatinya adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan para leluhur.

“Mulai ulun lagi halus, karena banyak jua guru mengaji di Sungai Jingah. Pokoknya bila tuntung, batamat tu pang. Paling kada, ada lakatan wan hintalu sebiji jadi haja. Apalagi di wilayah kita, karena wilayah Kalsel adalah wilayah yang religius, rakyatnya religius tentunya,” katanya.

Paman Birin berharap dengan adanya kegiatan batamat Al-Qur’an ini, akan menjadi sebuah kebiasaan bagi semua hingga anak cucu. “Hidup kita, masyarakat kita, adalah masyarakat yang religius dan punya kitab yang luar biasa, yaitu Al Qur’annul Karim. Jadi tidak hanya kita sekedar membaca, tapi kita mampu mengaplikasi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

BACA: Batamat Al-Qur’an, Tradisi Budaya Banjar Jelang Pernikahan

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin KH Darul Qutni mengatakan, sangat mengapresiasi atas inisiatif bapak gubernur atas kesediaannya mencanangkan Gerakan Batamat Al-Qur’an, sebagai wujud mempertahankan dan melestarikan tradisi leluhur dan warisan budaya yang religius.

“Kagiatan ini adalah satu media edukasi untuk giat mempelajari Al-Qur’an di semua level usia. Di Masjid Sabilal Muhtadin pun setiap Jumat selalu dibacakan satu juz Al-Qur’an yang dikenal One Jumat One Juz, dan kemarin itu merupakan Juz ke 30 dan hari ini kita batamat Al-Qur’an mulai suart Ad-Dhuha sampai An-Nas,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, tausyiah KH Wildan Salman menyampaikan kegiatan batamat Al-Qur’an adalah upaya agar tilawah atau bacaan Al-Qur’an selalu berkumandang dimana-mana, dan mudah-mudahan sampai ke rumah-rumah.

“Karena kata rasul, bacai Al-Qur’an, karena Al-Qur’an apabila dibaca maka nantinya pada hari kiamat akan datang kepada pembacanya untuk memberikan syafaat memintakan ampun kepada Allah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga menandatangani menumen prasasti Gerakan Batamat Al-Qur’an dilanjutkan dengan pembacaan surat Ad-Dhuha yang dibacakan oleh Paman Birin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.