Ajang Promosi Ekonomi dan Wisata, Pendidikan Geografi FKIP ULM Gelar HIMA Geo Youth Action

0

HIMPUNAN Mahasiswa Geografi FKIP ULM menyelenggarakan HIMA Geo Youth Action dengan tema Mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Aksi Nyata Pengembangan Masyarakat selama tiga hari dari 29-31 Juli 2022 di Desa Sungai Telan Besar, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala.

MELALUI kegiatan ini mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP ULM melakukan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yakni explore desa. Dalam perjalanan ke lokasi, mereka menggunakan perahu mesin (klotok), menuju lokasi budidaya kepiting milik warga desa Sungai Telan Besar.

Selama di lokasi pengabdian mereka mempelajari bagaimana cara budidaya kepiting mulai dari pembibitan sampai kepiting siap di ekspor.

BACA : Aksi Nyata Mitigasi Bencana Banjir, Tim Hidraulika FT ULM Gelar Pengabdian Masyarakat Di Cempaka

Adapun tujuan dari adanya explore desa sebagai salah satu ajang promosi dalam bidang ekonomi dan pariwisata serta  menjalin silaturahmi antara warga desa dengan mahasiswa Pendidikan Geografi.

“Kami sangat senang menjadi bagian dalam promotor pengembangan desa Sungai Telan Besar dalam  bidang ekonomi dan pariwisata untuk meninggkatkan UMKM serta kualitas pariwisata yang baru dikembangkan di desa ini” ucap Ainun Ketua pelaksana HIMA Geo Youth Action.

Ainun juga bilang dipilihnya desa Sungai Telan Besar karena  wilayah tersebut memiliki potensi SDA yang sangat melimpah seperti pertanian, perikanan, perkebunan serta berbagai budidaya yang dikembangkan oleh masyarakat seperti budidaya kepiting.

“Untuk SDM di Sungai Telan Besar pun mereka memiliki berbagai keahlian seperti membuat bubu, tanggui, dan tikar yang perlu di dikenalkan ke masyarakat luas bahwa masyarakat desa sungai Telan Besar memiliki keahlian yang mumpuni dalam bidang tersebut,” katanya.

Sementara itu, Wahyudi, Ketua Umum HIMA Geo FKIP ULM mengungkapkan rasa syukur bahwa pihaknya telah berhasil melaksanakan HIMA Geo Youth Action, yang mana agenda ini baru dihelat pertama kali pasca pandemi.

“Alhamdulillah, pengabdian ini baru pertama kali digelar setelah pandemi usai. Dan kami bersyukur dapat melakukan 3 gerakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu pada bidang pendidikan, sosial masyarakat dan juga ekowisata,” ujarnya kepada jejakrekam.com.

Wahyudi juga berharap dengan adanya pengabdian yanh sudah dilakukan dapat bermanfaat bagi desa dan masyarakat Desa Sungai Telan Besar.

“Dan juga semoga mahasiswa/i Pendidikan Geografi dapat terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, baik itu untuk Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Lambung Mangkurat ataupun Masyarakat secara luas pada kesempatan yan akan datang,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.