13-26 Juni 2022 Digeber Operasi Patuh Intan, 7 Pelanggaran Jadi Sasaran Polda Kalsel

0

CUKUP lama tak menggelar razia, akhirnya jajaran Polda Kalimantan Selatan akan menghelat kegiatan terpusat bersandi Operasi Patuh Intan 2022 terhitung sejak Senin (13/6/2022) besok hingga berakhir Minggu (26/6/2022).

RAZIA kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan di Banjarmasin dan kota-kota lainnya ini digelar selama dua pekan ini, Polda Kalsel menerjunkan 550 personel.

Selain itu, jajaran Polresta dan Polres di bawah wilayah hukum Polda Kalsel hingga personel TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP akan dilibatkan dalam mengecek kelengkapan kendaraan bermotor dan lainnyha.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo mengatakan, ada 7 jenis pelanggaran yang akan menjadi sasaran petugas. Yakni, menggunakan ponsel saat berkendara, berkendara dalam pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang.

BACA : Permudah Penyusunan Peraturan Polisi, Bidang Hukum Polda Kalsel Luncurkan Aplikasi SIP4

“Pengendara di bawah umur, berkendara melawan arus, penggunaan helm SNI bagi pengendara sepeda motor dan sabuk pengaman bagi pengendara mobil,” tutur Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo kepada awak media di Banjarmasin, Minggu (12/6/2022).

Dia mengingatkan bagi pengendara yang melakukan pelanggaran, langkah penindakan berupa teguran secara humanis akan menjadi pilihan utama petugas. “Kami upayakan dulu kegiatan preemtif, preventif dan edukasi,” kata Maesa.

BACA JUGA : Polda Kalsel Musnahkan 5 Kilogram Lebih Sabu dan 20 Gram Ganja

Namun, kata perwira menengah Polda Kalsel ini jita ternyata pelanggaran masuk pada ranah yang membahayakan baik bagi pelanggar maupun pengendara lain, penindakan tilang tentu akan diterapkan di lapangan.

“Penindakan berupa tilang terhadap pelanggaran yang dideteksi oleh sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) juga dilakukan seperti yang sudah berlangsung selama ini,” tutur Maesa.

BACA JUGA : Lakalantas Meningkat Saat Momen Idul Fitri, Karo Ops Polda Kalsel : 12 Orang Meninggal Dunia

Menurut Maesa, upaya-upaya peningkatan kepatuhan aturan dan tata tertib berlalulintas seperti melalui Operasi Patuh Intan Tahun 2022 Polda Kalsel ini, pada muaranya bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, timbulnya korban luka, korban jiwa dan kerugian materil.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.