Permudah Penyusunan Peraturan Polisi, Bidang Hukum Polda Kalsel Luncurkan Aplikasi SIP4

0

POLDA Kalimantan Selatan kini memiliki Sistem Penyusunan, Pemantauan dan Pendokumentasian Peraturan (SIP4) dalam bentuk aplikasi berbasis digital.

KEPALA Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Kalsel, Kombes Pol Mohamad Ridwan mengatakan, wibesite digital ini mempermudah mekanisme penyusunan peraturan kepolisian maupun nota kesepahaman dengan stakeholder eksternal maupun internal.

“SIP4 Bidkum Polda Kalsel dapat diakses melalui link sip4-bidkumkalsel.com,” ucap Mohamad Ridwan kepada awak media di Banjarmasin,  Selasa (31/5/2022).

Ada 16 fitur dalam aplikasi SIP4 yang digunakan dalam tahapan pengajuan permohonan peraturan. Di antaranya pemberitahuan satuan kerja pemrakarsa kepada Kapolda yaitu berupa nota dinas, pembentukan pokja oleh pemrakarsa dengan sprin Kapolda, penyusunan rancangan Perkapolda oleh kelompok kerja.

BACA : Polda Kalsel Gelar Ujian Akademik Sistem CAT yang Diikuti 846 Peserta

Selanjutnya, pembahasan rancangan Perakpolda di lingkungan internal pemrakarsa dengan melibatkan antarfungsi dan Bidkum, Verifikasi rancangan Perkapolda oleh Divkum Polri.

Sementara untuk stakeholder eksternal, ada 10 fitur pada SIP4 yang digunakan dalam proses pembuatan nota kesepahaman dengan Polri. Seperti satuan fungsi yang menerima pemberitahuan kerja sama dari pihak lain melaporkan kepada Kapolda, satuan fungsi pemrakrasa membuat konsep tanggapan dengan mengikut sertakan Bidkum dan Koordinasi dengan Biro Ops Polda Kalsel.

BACA JUGA : Lakalantas Meningkat Saat Momen Idul Fitri, Karo Ops Polda Kalsel : 12 Orang Meninggal Dunia

Selanjutnya, pembahasan substansi internal Polri begitu juga dengan pihak lain, paparan oleh ketua kelompok kerja kepada Kapolda, penandatanganan naskah kerja sama oleh kedua belah pihak, kemudian Kapolda melaporkan Kerma kepada Kapolri.

Bagi stakeholder internal Polri maupun stakeholder eksternal yang membutuhkan bantuan terkait aplikasi SIP4 Bidkum Polda Kalsel dapat langsung menghubungi Super Administrator, Bripda M Nandhika melalui nomor 08115137768 atau Administrator, Bripda Septia D. N melalui nomor 082157344157. 

BACA JUGA : Polda Kalsel Kenalkan Seragam Baru Satpam, Supaya Tak Terlalu Mirip Polisi

Aplikasi SIP4 Bidkum Polda Kalsel ini secara resmi diluncurkan pada Jumat (27/5/2022), di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) dihadiri oleh anggota Polri jajaran Polda Kalsel dan stakeholder.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.