DKP3 Balangan Gelar FGD Terkait Sertifikat Benih dan Pengembangan POKAR

0

DINAS Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Proses registrasi lahan, sertifikat benih dan pengembangan porang melalui Porang Karet (POKAR) serta kondisi pemasaran porang saat ini di Aula Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Kamis (2/6/2022).

FGD sendiri dihadiri petani porang, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov Kalsel, Bidang Tanaman Pangan, dan pihak perusahaan yang nantinya membeli hasil porang serta  pendampingan dari TNI – POLRI.

“Kita sengaja mempertemukan ini dalam rangka upaya menjawab keluhan masyarakat, yang saat ini, kemanasih nanti akan menjual, pemasarannya. Untuk itu, kita kumpulkanlah mereka, diskusi bagaimana untuk mengatasi permasalahan dari segi pemasaran.”ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Balangan, Tuhalus.

Tuhalus mengatakan porang saat ini melemah harganya, karena memang perlu adanya upaya-upaya untuk penanganan dan pemenuhan terhadap persyaratan apa yang dipersyaratkan dari eksportir. Salah satunya adalah setiap petani atau kelompok itu harus terregistrasi lahannya.

“Nah ini dalam rangka upaya itu, kami sudah berbicara juga dengan kawan-kawan, baik dibidang maupun tenaga penyuluh, petaninya, maupun dinas penanaman modal, perizinan, supaya ini bisa dipacu, sehingga mereka punya register, lahan mereka terregister,” ujarnya.

Pihaknya mendukung dan akan mempercepat register lahan ini, selanjutnya berupaya nantinya menggunakan varietas lokal sebagai varietas yang bersertifikat.

“Hal itu terkait dengan bupati berkeinginan, di 2022 perubahan nanti, akan ada pengadaan lebih besar, untuk pengadaan maupun penanaman porang ini. Salah satu inovasi beliau adalah porang yang berada disela pohon karet atau disebut POKAR.” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.