Pemkab Tanbu Peringati Hari Lahir Pancasila

0

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanbu menyampaikan Surat Edaran (SE) untuk setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

SURAT Nomor B/003.1/744Kesbang.Setda/V/2022, menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Nomor 003.1/3510 polpum, 25 Mei 2022 pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila 2022.

Mencakup empat poin, Pertama, peringatan Hari Pancasila 2022 digelar secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Rabu 1 Juni 2022 pukul 09.00 Wita secara luring dan daring. Melalui saluran di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP dan siaran TV Nasional.

Kedua, mengibarkan bendera merah putih pada 1 Juni 2022 dan memasang spanduk di halaman kantor masing-masing yang bertemakan “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” dan logo peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dapat diunduh melalui link http.bpip.go.id.

BACA: Diskominfo SP Tanbu Peringati Hari Lahir Pancasila

Ketiga, pejabat dan staf SKPD atau unit kerja agar mengikuti Hari Lahir Pancasila secara daring di kantor masing-masing pada kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP dan siaran TV Nasional pada 1 Juni 2022 pukul 07.45 Wita hingga selesai.

Keempat, diimbau menggunakan pakaian adat atau menyesuaikan serta kehadiran dibuktikan, dengan mengisi daftar hadir dan foto kegiatan pada masing-masing SKPD. Dan mengirimkannya ke surel [email protected].

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Sartika Dewi, mengatakan, Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia yang mengandung nilai tinggi untuk dijunjung di keseharian bagi Rakyat Indonesia.

“Pancasila merupakan falsafah Bangsa Indonesia tidak hanya dihafalkan, dan kemudian hari lahirnya diperingati setiap tahun. Namun nilai Pancasila dapat diimplementasikan, dan direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.