240 Peserta Ikuti Angsana Fishing Tournament 2022

0

HUT Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ke-19, digelar Angsana Fishing Tournament 2022, diikuti 240 peserta, terdiri dari 48 tim pancing, dari berbagai daerah di Kalimantan.

BERTAJUK ‘Angsana Fishing Tournament 2022’ berlangsung selama 2 hari, yakni 28 – 29 Mei 2022 di Pantai Angsana, Kabupaten Tanbu.

Angsana Fishing Tournament 2022, merupakan ke-empat kalinya, dilepas langsung Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu didampingi Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Kepala Desa Angsana, dan Muspika Angsana, serta hadir Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Angsana.

Kegiatan tersebut, juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanbu ke-19 tahun ini.

BACA: Hadiri Rakor, Dispersip Tanbu Bakal Menggelar PILM

Salah satu panita, Roni, menuturkan, besarnya animo peserta lomba mancing tahun ini, tidak saja berasal dari Kalimantan Selatan, namun juga dari luar. Tahun ini, jelasnya, terjadi peningkatan, baik dari jumlah peserta, maupun hadiah serta doorprize dari panitia. ”Untuk juara pertama disiapkan hadiah sebesar 15 juta rupiah, serta hadiah doorprize 1 unit sepeda motor,” ujarnya. 

Seluruh tim, tambah Roni, akan diuji kemampuan mendapatkan hasil pancingan di lokasi Pantai Sungai Dua Laut, dan Pantai Angsana. ”Paling lambat besok (Minggu), pukul 11 siang seluruh tim sudah berada di darat untuk dilakukan penimbangan hasil pancingan,” sebut Roni. 

Kepala Disbudporapar Tanbu, Hamaludin Taher, saat melepas peserta mengakui, lomba memancing merupakan olahraga yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mendapatkan ikan hasil pancingan, tetapi juga menuntut sportifitas dari peserta. ”Lomba ini merupakan event ditunggu-tunggu para penghobi mancing. Padahal sebelumnya mengalami penundaan selama 2 tahun, akibat pandemi Covid-19. Jadi tujuan kegiatan ini bukanlah hadiah, tapi sportifitas tinggi yang akan melahirkan nilai kejujuran. Artinya sportifitas merupakan kata kunci juara sejati,” papar kadis. 

Hamal, berharap, menjadi salah satu upaya menggeliatkan pariwisata bahari di Kalimantan Selatan, yang selama pandemi ini mengalami penurunan. “Pariwisata merupakan salah satu elemen pembangunan daerah,” tandasnya.

BACA: Tim Penanganan Stunting di Tanbu Terbentuk

Angsana Fishing Tournament terbagi dalam beberapa kategori. Untuk kategori, pertandingan ikan terberat juara pertama, akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp15.000.000. Lalu juara kedua Rp12.000.000, dan juara tiga, sebesar Rp10.000.000.  Panitia juga menyiapkan hadiah Kategori Kapten terbaik pertama, sebesar Rp1.000.000,-. Kapten terbaik kedua, Rp500.000,- . Kapten terbaik ketiga, sebesar Rp250.000,-.

Beberpa jenis ikan yang menjadi penilaian panitia seperti giant travelly, tenggiri, talang talang, kakap, kaneke, kerapu dan lamun-lamun.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanbu, usai membagikan hadiah mengungkapkan, acara itu bertujuan menarik para wisatawan. “Sambil sosialisasi cara penangkapankan ikan dengan benar. Lalu, menjaga dan memelihara terumbu karang, agar tetap baik. Kemudian, memberi dampak positif, peningkatan ekonomi bagi para pedagang yang berada di sekitar pantai,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/05/30/240-peserta-ikuti-angsana-fishing-tournament-2022/
Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.