Gugah Semangat Kebangsaan, Lemhanas RI Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan

0

LEMBAGA Ketahanan Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan Dialog Wawasan Kebangsaan dengan tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan di Provinsi Kalimantan Selatan, di Hotel Rattan Inn , Rabu (11/5/2022).

DALAM sambutan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mengatakan, pertemuan ini merupakan bagian dari langkah kita bersama untuk menjadikan wawasan kebangsaan sebagai modal penting dan strategis dalam pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Di era globalisasi ini, kata Sekdaprov sangat merasakan kemajuan teknologi telah merubah pola kehidupan masyarakat. situasi pandemi dua tahun terakhir, telah mendorong perubahan ini semakin cepat, khususnya di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

BACA: Paman Birin Apresiasi ToT Nilai-nilai Kebangsaan Lemhanas RI

Ia menuturkan, disatu sisi, perubahan tersebut mendatangkan berbagai dampak positif, membuka berbagai kesempatan bagi masyarakat dan dunia usaha, khususnya bagi mereka yang terdampak pandemi. Sedangkan arus informasi dan komunikasi yang semakin cepat ini, juga menimbulkan tantangan tersendiri, khususnya dalam membangun kekohesifan kita sebagai suatu bangsa.

Menurut Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, kegiatan dialog ini bertujuan untuk menggugah semangat kebangsaan dan memberikan pencerahan tentang nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Dialog ini juga memberikan wawasan geopolitik, pertarungan-pertarungan kekuatan di sekeliling kita. Konsekuensi nya kepada sumber daya, aktifitas yang mempengaruhi sosial di Indonesia,” ujarnya.

“Sosialisasi kebangsaan di Kalimantan Selatan ini akan dikaitkan dengan kejadian terkini, seperti krisis antara Rusia dan Ukraina, serta ketegangan antara Amerika dengan China. Selanjutnya bagaimana kita bersama-sama mewujudkan konsesus dasar itu sebagai perisai geopolitik,” bebernya.

Forkopimda Kalsel menghadiri Dialog Wawasan Kebangsaan yang digelar Lemhanas RI, Rabu (11/2/2022).

Andi menambahkan, Pulau Kalimantan kedepan sangat strategis pertama masuk ekonomi hijau. Bagaimana pertumbuhan hijau dengan paradigma karbon zero, sebab Kalimantan dan Papua akan memberikan kontribusi yang utama.

“Kemudian, perpindahan ibukota negara di Kalimantan Timur. Maka Kalimantan sangat strategis menjadi pintu gerbang Nusantara. Pengaruhnya kepada Kalimantan selatan adalah kerawanan ekologi yang memang harus diwaspadai,” ujarnya.

Dalam dialog, didaulat sebagai narasumber adalah dari Lemhanas RI sendiri, serta Rektor UIN Antasari Prof Mujiburahman yang membahas tentang kearifan lokal.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.