Biang Kerok Bikin Pasar Cempaka dan Sekitarnya Terendam Ternyata Tumpukan Sampah di Saluran Drainase

0

BIANG kerok genangan air yang melanda tiap kali didera hujan deras di kawasan Pasar Cempaka di Jalan Pasar Baru dan Niaga, Banjarmasin ternyata adalah tumpukan sampah dan endapan lumpur.

TUMPUKAN sampah plastik hingga endapan lumpur diangkat petugas yang diterjunkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota  Banjarmasin, Sabtu (26/3/2022).

“Endapan lumpur dan sampah memang memenuhi jaringan drainase di kawasan Pasar Cempaka. Ini yang menyebabkan air lambat turun dan tersalurkan ke Sungai Martapura,” kata Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar kepada jejakrekam.com, Sabtu (26/3/2022).

BACA : Drainase Penuh ‘Jeroan’ Sampah Diduga Penyebab Pasar Cempaka Dan Sekitarnya Langganan ‘Calap’

Menurut dia, selain itu ada pula endapan pasir yang diduga berasal dari aspal badan Jalan Pangeran Samudera dan Jalan Pasar Baru tertumpuk di penampung drainase.

“Walau saluran drainase ini tidak bersih 100 persen, namun volume atau daya tampung bertambah. Sebab, sampah-sampah, endapan lumpur dan pasir sudah berhasil diangkat dari saluran gorong-gorong,” tutur Tezar, sapaan akrabnya.

Ia mengakui pembersihan jaringan drainase di kawasan Pasar Cempaka dan sekitarnya merupakan tindakan jangka pendek. Ini demi mengantisipasi ketika hujan turun deras, air yang tertampung di gorong-gorong bisa tersalurkan dengan lancar.

BACA JUGA : Picu Genangan Air, PUPR Banjarmasin Akui Jaringan Drainase Pasar Cempaka Bermasalah

“Saya sudah rekomendasikan kepada Kepala Bidang Pasar Disperdagin untuk berkoordinasi dengan Dinas PUPR Banjarmasin khususnya bidang drainase untuk segera membenahi jaringan drainase di kawasan pasar tersebut,” ungkap Tezar.

Aksi bersih-bersih dan mengangkut endapan lumpur serta tumpukan sampah ini dijalankan pasukan turbo yang diturunakn UPT Drainase Dinas PUPR Banjarmasin sejak pukul 07.00 pagi hingga selesai.

BACA JUGA : Terjunkan Tim Satgas, Sekda Banjarmasin Ikhsan Budiman Pimpin Aksi Bersih-Bersih Got dan Drainase

Lokasi pembersihan saluran drainase difokuskan di kawasan Jalan Pasar Baru di belakang Blok Minseng, kemudian diteruskan ke blok ODI, dari kantor BNI tembus ke Rumah Makan Patin hingga samping Pos Polisi Sudimampir.

“Dengan adanya tumpukan sampah dan endapan lumpur, kami berharap warga Pasar Baru dan Cempaka serta sekitarnya agar tak lagi membuang sampah ke saluran drainase. Semoga dengan pembersihan ini, genangan air saat hujan deras turun bisa berkurang bahkan cepat surut, karena bisa teralirkan lancar ke Sungai Martapura,” papar Tezar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.