Picu Genangan Air, PUPR Banjarmasin Akui Jaringan Drainase Pasar Cempaka Bermasalah

0

SUDAH menjadi rahasia umum jika jaringan drainase di kawasan Pasar Cempaka, Jalan Niaga serta kawasan pusat pedagangan Banjarmasin di jantung kota itu payah.

HUJAN lebat dengan durasi cukup panjang mengakibatkan kawasan pasar barang elektronik dan konveksi ini pun tergenang. Seperti terlihat pada Minggu (13/3/2022).

Pedagang Pasar Cempaka, Anang mengakui kondisi drainase di kawasan Jalan Niaga dan sekitarnya tidak beres, sehingga jika hujan turun lebat dengan durasi lama, maka genangan air akan terjadi.

Celakanya, air pun menyerbu lantai pertokoan milik para pedagang. Kondisi ini sudah lama dikeluhkan para pedagang dan pengunjung, namun belum ada tindakan nyata dari Pemkot Banjarmasin.

BACA : Belasan Tahun Sudah Lantai II Pasar Cempaka Tak Berpenghuni

Kepala Bidang Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Chandra tak memungkiri jika jaringan drainase di kawasan Pasar Cempaka dan sekitarnya masih bermasalah. Terutama, banyak tumpukan sampah yang menyumbat aliran air.

“Solusi untuk mengatasinya, saluran drainase di kawasan Pasar Cempaka dan sekitarnya memang harus segera dibenahi,” kata Chandra kepada jejakrekam.com, Senin (14/3/2022).

Menurut dia, pembenahan harus signifikan lewat perencanaan dan tindakan nyata agar genangan air saat hujan deras mendera bisa cepat turun menuju ke saluran utama atau ke Sungai Martapura.

BACA JUGA : Komplotan Maling Penutup Drainase Ditangkap, Antropolog ULM : Fenomena Penyimpangan Sosial!

“Pembenahan jaringan drainase di kawasan Pasar Cempaka, Pasar Lima dan lainnya memang harus tepat dan terukur,” ucap mantan Kabid Jalan Dinas PUPR Banjarmasin ini.

Menurut dia, perbaikan jaringan drainase di kawasan Pasar Cempaka dan Pasar Lima harus diawali dengan perencanaan teknis yang baik.

“Kami akan segera cek ke lapangan untuk memastikan penyusunan sistem drainase di kawasan itu. Tentu saja, berkoordinasi dengan pihak terkait,” kata Chandra.

BACA JUGA : Diguyur Hujan Lebat, Drainase Tak Beres, Banjarmasin ‘Banjir’ Lagi

Menurut dia, dengan adanya sistem drainase yang dibenahi di kawasan Pasar Cempaka, Pasar Lima dan lainnya tentu akan mengurangi volume air agar tersalurkan dengan baik. Terutama, dari jaringan tersier ke sekunder hingga ke saluran primer atau dialirkan ke Sungai Martapura.

“Jadi, durasi genangan air di kawasan Pasar Lama dan Pasar Lima tidak berlangsung lama. Air cepat surut karena saluran drainase baik,” pungkas Chandra.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.