Husairi Abdi

Terjunkan Tim Satgas, Sekda Banjarmasin Ikhsan Budiman Pimpin Aksi Bersih-Bersih Got dan Drainase

0

JANJI akan beraksi di lapangan ‘memerangi’ penyumbatan drainase dan pendangkalan sungai dipenuhi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman.

USAI dilantik Walikota Ibnu Sina sebagai orang nomor tiga di Balai Kota Banjarmasin, Kamis (9/12/2021), Ikhsan Budiman mengatakan segera beraksi di lapangan untuk mengatasi banjir rob yang melanda ibukota Kalimantan Selatan dalam sepekan belakangan ini.

“Salah satu penyebab terendam ruas jalan dan pemukiman adalah tersumbatnya jaringan drainase, sehingga ketika ada rob, air mengendap dan tidak bisa disalurkan ke sungai melalui jaringan drainase,” kata Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman kepada jejakrekam.com, Minggu (12/12/2021).

Menurut Ikhsan, banyak sampah menutup pori-pori drainase seperti terlihat di kawasan Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi dekat Gedung Sultan Suriansyah dan Gedung Wanita.

“Saat kami turun ke lapangan di kawasan Kayutangi, banyak sampah rumah tangga dan sampah lainnya menyumbat saluran drainase pada Sabtu (11/12/2021),” kata mantan Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu ini.

BACA : Jabat Sekda Banjarmasin, Ikhsan Budiman Segera Koordinasikan SKPD Atasi Banjir Rob

Dengan metode penyemprotan menggunakan pompa bertekanan kuat, Ikhsan pun memimpin dan langsung memantau kerja bareng anak buahnya di lapangan.

“Pembersihan drainase dan got di kawasan Kayutangi dengan disemprot dan sampah-sampah diangkut, terbukti saluran pembuangan air bisa berfungsi kembali,” kata Ikhsan.

Dengan melibatkan satuan tugas kebersihan dan pemadam kebakaran (damkar) Kota Banjarmasin serta Lurah Sungai Miai Johansyah bergotong royong membersihkan got, saluran drainase dan lainnya agar air bisa mengalir deras ke sungai kecil dan bermuara ke Sungai Miai.

BACA JUGA : Hampir Seluruh Kecamatan Diserbu Air, BPBD Banjarmasin Sebut Banjir Rob Akibat La-Nina

Sekda Banjarmasin Ikhsan Budiman bersama anggota DPRD Banjarmasin dari FPKS, Hendra saat ikut aksi bersih got dan drainase di kawasan Sultan Adam.(Foto Istimewa)

Usai kawasan Kayutangi, giliran pada Minggu (12/12/2021), kawasan simpang empat Jalan Sultan Adam-Pangeran Hidayatullah-Sungai Andai, Banjarmasin Utara dibersihkan tim yang dikomando Sekda Ikhsan Budiman.

Menurut Ikhsan, banjir memang selalu terjadi tak terkecuali melanda Banjarmasin. Bagi mantan Kepala Inspektorat Pemkab Tanah Bumbu ini sejatinya regulasi yang telah dibuat bisa diterapkan di lapangan.

“Idealnya kita memang ingin menerapkan semua payung hukum terkait penyelamatan dan pengelolaan sungai di Banjarmasin secara utuh. Ya, baik tataran norma maupun pada tataran penegakannya,” katanya.

BACA JUGA : Tokoh Eksponen 66 Kalsel Minta Pemda Serius Tangani Masalah Banjir Rob

Hanya saja, diakui Ikhsan, fakta dan dinamika di lapangan memang akan berbeda, sehingga memunculkan anggapan jika banyak perda di Banjarmasin seperti macan kertas.

“Yang pasti, Pemkot Banjarmasin tetap berkomitmen kuat untuk melaksanakan amanat perda. Ini terus diupayakan pemerintah kota ke depan,” tandas Ikhsan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.