Gaet Perbankan, Bapenda Tabalong Permudah Layanan Bayar Pajak dan Retribusi Daerah

0

MENUJU zona integritas, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tabalong bertekad untuk terus mendongrak pelayanan publik prima bagi masyarakat.

KEPALA Bapenda Tabalong H Nanang Mulkani mengungkapkan dengan adanya peningkatan pelayanan publik yang bersih dan lancar bisa nantinya menuju Wilayah Bebas Korupsi (WabK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Banyak hal yang sudah kami benahi. Bahkan, kami sudah membentuk tim, kemudian sudah melakukan koordinasi dan sebagainya. Terpenting adalah dalam memberi pelayanan harus sesuai standar operasional prosedur (SOP). Ini tengah kami susun,” ucap H Nanang Mulkani kepada awak media di Tanjung, Senin (14/3/2022).

BACA : UU Pajak Daerah Direvisi, Kalsel Tetap Tagih Pajak Alat Berat

Menurut dia, ada beberapa pembenahan dilakukan Bapenda Tabalong agar memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar pajak daerah atau retribusi daerah.

“Saat ini, ada tujuh pelayanan yang diberikan Bapenda Tabalong. Untuk itu, tengah disusun SOP, sehingga mudah diimplemtasikan. Sebab, tugas lembaga layanan publik lebih bersifat melayani masyarakat. Kami juga menyusun standar pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” beber Nanang Mulkani.

Masih menurut dia, pembenahan itu menyangkut sarana dan prasarana yang masih kurang di Bapenda Tabalong. Seperti, tempat parkir dan toilet khusus yang ramah bagi difabel. “Secara bertahap dibenahi. Bahkan, kami juga akan segera menyiapkan ruang pelayanan yang lebih ramah,” katanya.

BACA JUGA : Genjot PAD, Bupati Tabalong Kukuhkan Tim Retribusi dan Perpajakan

Untuk pembayaran pajak dan retribusi daerah yang dikelola Bapenda Tabalong, Nanang Mulkani menyebut pemberlakuan cashless ataupun digital telah tersedia di loket pembayaran Bank Kalsel.

“Nantinya tugas bendahara hanya penerima. Dia bertugas pada sistem administrasi. Sedangkan, tugas kasir sudah tidak ada karena sudah dilakukan secara cashless atau digital,” papar Nanang Mulkani.

BACA JUGA : Jabat Ketua APRI Tabalong, Sabirin Siap Tangani Masalah Penambang liar

Tak hanya Bank Kalsel, Bapenda Tabalong juga menjalin kerja sama dengan Bank BNI untuk pemanfaatan sistem perbankan. Sebab, sebelumnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri juga telah digaet Bapenda Tabalong.

“Dengan adanya layanan dari bank-bank ini, tinggal masyarakat Tabalong ingin memilih untuk melaksanakan kewajibannya, seperti bayar pajak daerah dan sebagainya di Bapenda Tabalong,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.