Paman Birin Apresiasi Dedikasi Basarnas Bantu Masyarakat

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, memberikan apresiasi tinggi atas dedikasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau yang dikenal dengan Basarnas, dalam membantu masyarakat korban bencana.

HAL tersebut disampaikan Paman Birin usai mengikuti Peringatan HUT Basarnas 2022, secara virtual di Command Center Setda Kalsel, Senin (21/2/2022).

“Kita bisa melihat sendiri bagaimana perjuangan tim Basarnas dibantu TNI/POLRI, dan relawan dalam memberikan pertolongan atau mencari korban hilang akibat bencana,” terang Paman Birin.

BACA: Paman Birin Ajak ASN Tetap Semangat Tingkatkan Displin Kerja

Dalam Peringatan HUT Basarnas 2022, dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, yang menyampaikan lima pesan penting dan disampaikan kembali oleh Paman Birin.

Pertama, Basarnas harus memperbanyak inovasi dengan memanfaatkan teknologi. “Basarnas tidak boleh ketinggalan. Saya ulang, Basarnas tidak boleh ketinggalan dalam hal teknologi, harus cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi SAR yang terkini,” papar Paman Birin mengutip arahan Presiden Joko Widodo.

Kedua, Basarnas harus terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM). “SDM SAR harus memiliki kompetensi yang tinggi, keahlian yang relevan dengan kebutuhan situasi hari ini. Dan pastikan keselamatan tim SAR yang sedang bekerja,” ucapnya.

BACA JUGA: Basarnas Banjarmasin Bantu Tangani Banjir Jabodetabek

Ketiga, Basarnas harus memperkuat sinergi dan kolaborasi. “Kerja SAR adalah kerja terpadu dengan melibatkan berbagai elemen seperti kementerian, lembaga pemerintah, TNI, Polri, badan usaha, organisasi kemasyarakatan, dan potensi SAR lainnya,” terangnya.

“Libatkan seluruh elemen masyarakat, dan semua potensi. Buang jauh-jauh yang namanya ego sektoral, semua harus bersinergi dalam operasi kemanusiaan,” sambungnya.

Keempat, Basarnas harus memperkuat pencegahan, mitigasi, dan antisipasi. Presiden menekankan pentingnya melakukan edukasi serta pelatihan-pelatihan teknis SAR secara masif kepada masyarakat.

Kelima, Presiden berharap dari kegiatan ini bisa menghasilkan gagasan-gagasan yang inovatif, yang implementatif, terobosan penting untuk meningkatkan pelayanan Basarnas bagi masyarakat.

BACA LAGI: Jelang Libur Nasional, Puluhan Personil Basarnas Diterjunkan di Daerah Rawan

Sementara itu Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, menyampaikan laporan berupa capaian dan kinerja Basarnas.

“Pada tahun 2021, Basarnas telah melakukan operasi pencarian dan pertolongan sebanyak 2.294 kejadian yang meliputi operasi kecelakaan pesawat, kapal, penanganan khusus, bencana dan kondisi membahayakan manusia.” sampai Henri.

Berkat usaha keras tersebut, Basarnas juga berhasil meraih beberapa penghargaan, seperti Peringkat 2 BKN Award tingkat LPNK, Peringkat Terbaik dalam kategori penerapan sistem Merit dalam Manajemen ASN dari Komisi ASN dan Peringkat Sangat Baik dalam Kategori Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.