Basarnas Banjarmasin Bantu Tangani Banjir Jabodetabek

0

SEBANYAK 6 personel Basarnas Banjarmasin berangkat ke Jakarta dan sekitarnya untuk membantu penanggulangan korban banjir di Ibukota negara dan sekitarnya itu.

MEREKA diberangkatkan ke Jakarta melalui jalur udara dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Jumat (03/01/2020) siang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Mujiono mengatakan, semua anggota tim rescuer telah dibekali alat perlindungan diri seperti helm safety, life jacket, booties, serta peralatan rescue seperti tali webbing, carabiner, headlamp, senter, matras, dan throw bag. Juga membawa peralatan medis.

Enam personel dari Badan SAR Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Banjarmasin mengirim itu nantinya diperbantukan dalam misi kemanusiaan. Yakni ikut mengevakuasi para korban banjir, yang merendam sebagian besar Ibukota Jakarta dan sekitarnya sejak beberapa waktu lalu.

BACA : Basarnas Rilis 37 Nama Korban KM Pieces Yang Tenggelam, Ini Datanya!

“Para personil yang dikirim tersebut kita minta agar juga mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Karena ketinggian air mencapai 1 meter bahkan beberapa lokasi bisa lebih dari itu. Jadi, kondisi fisik dan stamina rescuer juga penting untuk diperhatikan ketika melakukan operasi SAR, agar kuat dalam menghadapi medan dan cuaca yang tidak menentu,” tegas Mujiono.

Mujiono memaparkan, pengiriman 6 personel Basarnas Banjarmasin tersebut merupakan instruksi dari Basarnas Pusat. “Ini adalah arahan dari pusat yaitu Kabasarnas. Kami diminta untuk mempersiapkan tim untuk diperbantuan pada penanggulangan insiden banjir di Jakarta. Kami akan langsung bergabung dengan tim pusat Basarnas,” katanya.

Jumlah personel yang dikirim tersebut, lanjut Mujianto, berdasarkan permintaan dari pihak Basarnas pusat mengingat wilayah kerja Basarnas Banjarmasin  cukup luas, sehingga perlu ada tim yang tetap standby.

“Dari permintaan  pusat kita diminta mengirim 6 orang untuk diperbantukan di sana, dan kita sudah persiapkan beserta peralatan dan anggota sudah ready semuanya,” pungkas Mujiono.

BACA JUGA : ACT Respon Tanggap Darurat Banjir Jabodetabek

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Kesiapsiagaan Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, Wasino, menjelaskan bantuan tenaga personil ini dilakukan atas permintaan dari kantor Basarnas pusat.

“Di mana kantor Basarnas pusat meminta agar beberapa kantor SAR yang lain dapat membantu Kantor SAR Jakarta menghadapi banjir yang sedang terjadi. Kantor SAR yang diminta untuk mengirimkan personilnya adalah Kantor SAR Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lampung, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Mataram, Balikpapan, Bandung, dan Surabaya,” terangnya.

Wasino menambahkan, personil bantuan tersebut akan ditempatkan di Jakarta hingga pertengahan Januari. “Diperkiraan cuaca ekstrim terjadi hingga pertengahan bulan ini, sehingga rencananya bantuan tenaga personil akan berada di Jakarta sampai pertengahan bulan Januari ini,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.