Rencana Revitalisasi Pasar Batuah Dimatangkan, Akhir Februari 2022 Digarap

0

ARUS penolakan terhadap rencana revitalisasi Pasar Batuah di Jalan Veteran-Jalan Manggis, Kelurahan Kuripan, membuat Pemkot Banjarmasin harus mengambil sikap.

SPANDUK penolakan terhadap penggusuran rumah warga di area Pasar Batuah ini betebaran. Ini menyusul, rencana revitalisasi Pasar Batuah yang akan menelan dana Rp 3,5 miliar bersumber dana pembantuan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan direalisasikan pada 2022 ini.

“Sebelum revitalisasi Pasar Batuah itu direalisasikan, tentu perlu dimatangkan terlebih dulu rencananya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman kepada jejakrekam.com, Senin (14/2/2022).

Proses pematangan pun digelar Pemkot Banjarmasin dengan mengumpulkan pejabat terkait rencana revitalisasi Pasar Batuah. Hal ini diakui Ikhsan Budiman, agar sosialisasi terhadap rencana mempermak pasar tradisional yang berada dikelilingi pemukiman penduduk itu benar-benar tersampaikan dengan baik.

BACA : Warga Resah Jika Digusur, Kadisperdagin : Tanah Pasar Batuah Milik Pemkot Banjarmasin!

“Semua stakeholder yang terlibat dalam rencana revitalisasi Pasar Batuah ini harus disamakan dulu pemahamannya,” kata mantan Inspektur Pemkab Tanah Bumbu ini.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar mengakui proses pematangan rencana revitalisasi Pasar Batuah langsung dipimpin Sekda Ikhsan Budiman.

BACA JUGA : Gandeng LBH GP Ansor, Warga Duga Rencana Revitalisasi Pasar Batuah Tak Didasari Studi Kelayakan

“Dalam rapat koordinasi pematangan rencana revitalisasi Pasar Batuah melibatkan tim teknis dan tim pengamanan,” kata Tezar, sapaan akrabnya.

Menurut dia, tim teknis berasal dari kalangan internal Pemkot Banjarmasin, terutama dimotori Disperdagin dan lainnya. Sedangkan, tim pengamanan berasal dari Satpol PP, Kejari Banjarmasin, Polresta Banjarmasin dan Kodim 1007/Banjarmasin. “Kami masih memperbaiki materi sosialisasi revitalisasi Pasar Batuah yang akan disampaikan ke masyarakat,” kata Tezar.

BACA JUGA : Warga Pasar Batuah Minta Proyek Revitalisasi Dibatalkan, Walikota: Rasanya Tidak Mungkin

Menurut dia, ada tiga kategori yang menjadi sasaran sosialisasi rencana revitalisasi Pasar Batuah. Yakni, para pedagang Pasar Batuah sendiri, dan warga yang bermukim di sekitar areal pasar di RT 11 dan RT 12 Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur.

“Jika materi sosialisasi revitalisasi Pasar Batuah ini selesai digodok. Tentu saja, kami akan segera ekspose dengan melibatkan para pedagang dan warga yang bermukim di sekitar area Pasar Batuah. Insya Allah, realisasi rencana revitalisasi Pasar Batuah akan digarap pada akhir Februari 2022 ini,” pungkas Tezar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.