Tunjuk Muara Teweh Tuan Rumah Liga 3, Perubahan Sikap Asprov PSSI Kalteng Dipertanyakan

0

ASOSIASI Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kalimantan Tengah menunjuk Muara Teweh sebagai tuan rumah perhelatan pertandingan kompetisi Liga 3 Indonesia Zona Kalteng.

INI menyusul terbitnya surat dari Asprov PSSI Kalteng diteken Leonard S Ampung bernomor SKEP/10/ASPROV.KALTENG/PanLIGA3/XII-2021. Dalam surat itu ditetapkan kompetisi Liga 3 Asprov PSSI Kalteng 2021 dilaksanakan di Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara pada 23 Desember 2021–3 Januari 2022. 

Ketua Askab PSSI Barito Utara, Mustafa Joyo Muchtar membenarkan terbitnya surat keputusan dari PSSI Kalteng. Bahkan, SK tersebut ada lampirannya yang berisi susunan panitia pelaksana kompetisi Liga 3  Asprov PSSI Kalteng di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. 

“SK ini ditandatangani Ketua Umum Asprov PSSI Kalteng sendiri,” ujar Mustafa Joyo Muchtar kepada awak media di Muara Teweh, Rabu (29/12/2021).

BACA : Lapangan Kayutangi Dibuka, Klub-Klub Amatir Sepakbola Mulai Latihan Rutin

Menurut dia, sebelum keputusan PSSI Kalteng terbit, Persatuan Sepakbola Muara Teweh (PSMTW) mengirim surat pada 7 Desember 2021, perihal permohonan sebagai tuan rumah Liga 3, disertai formulir A-4.

Gayung bersambut, Asprov PSSI Kalteng turun lapangan. Mereka mengecek kelayakan lapangan dan perizinan. Selanjutnya, terbit Surat Asprov PSSI Kalteng Nomor 65/ASPROV.PSSI/KALTENG/XII-2021 tanggal 20 Desember 2021, ditujukan kepada klub anggota PSSI Kalteng yang berkompetensi di Liga 3.

Mereka adalah PSMTW Muara Teweh, Sylva Kalteng FC, Adhyaksa FC, Persemas Jenamas, Kalimantang Sport FC, Barito Selatan FC dan Persepar Palangka Raya.

BACA JUGA : Intip Pemain Berbakat, Barito Putera Pantau Paman Birin Cup 2019

Surat  itu juga ditandatangani Sekretaris Umum Asprov PSSI Kalteng, H Elbadi Fardian. Dia menyampaikan, kompetisi Zona Kalteng dilaksanakan 23 Desember 2021 sampai 3 Januari 2022 di Stadion Swakarya Muara Teweh. 

Kemudian pendaftaran pemain dan ofisial hingga 24 Desember 2021. Selain itu, workshop IT dan manager meeting dilaksanakan pada 27 Desember 2021 di Muara Teweh.

Selain itu, Sekum Asprov PSSI Kalteng menyampaikan, pelaksanaan kompetisi di tingkat nasional dimulai pada Januari 2022. Untuk peserta yang mengikuti Liga 3 harus memenuhi persyaratan administrasi, mendapat pengesahan di Kongres Asprov PSSI Kalteng serta melunasi iuran tahunan. 

BACA JUGA : Laskar Panglima Batur Siap Hadapi Liga III Zona Kalteng

Hal teknis yang dikemukakan Asprov PSSI Kalteng, mengenai usia pemain mesti kelahiran 1 Januari 1999 – 31 Desember 2003, ditambah lima pemain senior.  Setelah mendapat dasar yang kuat ini, Askab PSSI Barito Utara membuat persiapan maksimal. Mulai dari pembenahan lapangan, dekorasi lapangan dengan spanduk, umbul-umbul dan rapat-rapat.

Tak lama kemudian, Sekum Asprov PSSI Kalteng, H Elbani Fardian mengeluarkan surat Nomor 67/ASPROV.PSSI/KALTENG/XII-2021 perihal drawing grup Liga 3 Zona Kalteng 2021, yang dilaksanakan pada 25 Desember 2021. 

Hasilnya, Grup A mempertemukan Barito Selatan FC, Adhyaksa FC, Sylva Kalteng FC dan Persepar. Lalu, Grup B akan bertemu PSMTW, Persemas dan Kalimantang Mura. Akhirnya, jelang kick off Liga 3, lima klub sudah berada di Muara Teweh. Tak  hanya itu, pemain telah melakukan latihan-latihan ringan di Lapangan Stadion Swakarya Muara Teweh.

BACA JUGA : Bekuk Batulicin Putra 69 di Adu Penalti, Persemar Martapura Kampiun Liga 3 Zona Kalsel

Mendekati dua hari kick off, secara mendadak Asprov PSSI Kalteng mengeluarkan surat penundaan kompetisi PSSI Liga 3 Kalteng tahun 2021. Surat tanggal 26 Desember 2021 itu menyebutkan, menindaklanjuti hasil drawing Liga 3 Zona Kalteng melalui virtual meeting, yang dihadiri enam klub, panitia pelaksana dan Asprov PSSI Kalteng. Maka pelaksanaan manager meeting dan jadwal kick off putaran Provinsi Kalteng ditunda. 

“Surat Asprov PSSI Kalteng mengenai penundaan ini tidak menjelaskan alasan penundaan. Tentunya kami keberatan dengan keputusan itu. Terlebih klub yang sudah tiba di Muara Teweh,” tegas Mustafa Joyo.

BACA JUGA : 14 Klub Dibagi Dua Grup Laga, Persebaru Banjarbaru Siap Songsong Liga 3 Zona Kalsel

Selain itu, ungkap dia, tidak ada penjelasan sampai kapan ditunda. Tiba-tiba muncul pernyataan dari Komite Eksekutif Asprov PSSI Kalteng yang membatalkan Muara Teweh sebagai tuan rumah Liga 3

“Persiapan Muara Teweh sudah matang. Askab PSSI Barito Utara mempertanyakan alasan penundaan Liga 3 ini. Karena kami sudah mengantongi surat Satgas Covid-19 dan lain-lain sudah siap semua. Jadi tidak benar kalau Muara Teweh tidak siap,” cecar Mustafa.

Ia juga menyampaikan, sampai hari ini, belum ada surat resmi dari Asprov PSSI Kalteng, mengenai pembatalan Muara Teweh sebagai pelaksana Liga 3.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.