14 Klub Dibagi Dua Grup Laga, Persebaru Banjarbaru Siap Songsong Liga 3 Zona Kalsel

0

SEBANYAK 14 klub dipastikan berlaga dalam kompetisi Liga 3 Zona Kalimantan Selatan tahun 2021. Ini berdasar hasil keputusan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Selatan pada Sabtu (19/6/2021) di Ruang Rapat KONI Provinsi Kalsel.

BERDASAR pembagian Asprov PSSI Kalsel, untuk laga dibagi dalam dua grup. Untuk grup A, ditempati Batulicin Putra 69 FC Tanbu, Perseam Amuntai, PS Kabupaten Tapin Biuang, Gasib Barabai, Persetala Tanah Laut, Persebaru Banjarbaru, dan PS Talenta Banua.

Sedangkan, di grup B, tergabung Perseran Rantau, Persepan Pagatan, Persehan Marabahan,  Peseban Banjarmasin, Kotabaru FC, Barabai FC dan Persemar Martapura. Berdasar berita acara yang diteken Sekretaris Asprov PSSI Kalsel, Baktiansyah mengungkapkan format kompetisi home tournament dengan sistem pertandingan setengah kompetisi. Jumlah pertandingan per klub dijatah 6 kali.

Untuk pemain yang berlaga di Liga 3 Zona Kalimantan Selatan dibatasi lahir pada 1 Januari 1999-31 Desember 2003. Mengenai tempat pertandingan di stadion atau lapangan ditentukan Asprov PSSI Kalsel bekerjasama dengan Askab dan Askot.

Tiap klub peserta kompetisi akan mendapat dua set konstum dan wajib dipakai selama pertandingan, dengan catatan desain dikirim ke PSSI Kalsel. Jumklah pemain dibatasi 35 orang, dengan 5 pemain senior dan didampingi 10 ofisial maksimal.

Asprov PSSI Kalsel pun membatasi untuk pelatih kepala mendapat lisensi minimal C dan asisten pelatih diusulkan lisensi D. “Untuk pertandingan Liga 3 Zona Kalsel dimulai pertengahan Agustus 2021 nanti, usai mendapat izin dari Gugus Tugas Covid-19 dan kepolisian,” tulis Baktiansyah.

BACA : Liga 3 Zona Kalimantan Selatan Segera Bergulir, Peseban Banjarmasin Rekrut Pemain Andalan

Menatap rencana pertandingan Liga 3 Zona Kalsel, Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin melalui staf pribadi, Khairil Anwar mengakui untuk formasi pemain Persebaru Banjarbaru masih belum disusun.

“Insya Allah, pekan depan baru akan dibentuk resmi. Nantinya, dibentuk kepengurusan di Persebaru pada depan, berikutnya tahapannya adalah seleksi pemain,” ucap Khairil Anwar kepada jejakrekam.com, Selasa (22/3/2021).

Menurut dia, Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin sebagai pelindung klub tentu memperhatikan nasib klub sepakbola yang mewakili Banjarbaru dalam liga amatir yang bergengsi di Banua itu.

“Yang pasti, untuk sementara waktu, Persebaru sudah terdaftar resmi untuk ikut berkompetisi di Liga 3 Zona Kalimantan Selatan yang direncanakan pada pertengahan Agustus 2021 nanti. Ya, segala persiapan harus dijalankan dengan matang, sehingga tim bisa padu saat menyongsong pertandingan,” imbuh Khairil.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.