Dilaksanakan Selama Tiga Hari, Universitas Swasta Terbesar di Kalimantan Gelar Wisuda XLIII

0

SALAH satu Kampus swasta terbesar di Kalimantan, Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAB) Banjarmasin menggelar Wisuda ke XLIII Tahun 2021.

RAPAT senat terbuka pada penghujung tahun 2021 dilakukan secara bertahap yakni dalam tiga hari dari tanggal 21 hingga 23 Desember 2021 dan pelaksanaannya dibagi dua sesi dalam satu hari di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

Dalam wisuda yang mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Intelektual Yang Unggul, Berakhlak Mulia, Kreatif dan Inovatif Dalam Beradaptasi di Era New Normal” ini ada sebanyak 3.134 orang yang dinyatakan lulus sebagai sarjana dan 129 orang dinyatakan lulus program magister.

BACA : Berbeda Dari Biasanya, Uniska Gelar Wisuda XLII 2021

Rektor UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Prof. Abd Malik, SPt., M.Si., Ph.D menegaskan, perguruan tinggi yang dipimpinnya terus bekerja keras dan melakukan sejumlah terobosan agar mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten sesuai tuntutan di era new normal.

“Salah satu yang kita lakukan adalah meningkatkan peringkat akreditasi B sejak tahun 2015 dan telah diperpanjang dengan status yang sama hingga tahun 2020 ini. Jadi sekarang hampir semua Prodi di UNISKA yang tergabung dalam 10 fakultas dan 1 Pascasarjana mayoritas akreditasinya adalah B,” tegasnya.

Kemudian saat ini pihaknya juga berupaya mendukung dapat terlaksananya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka agar bisa mewujudkan SDM yang semakin kompetitif sesuai kebutuhan zaman.

“Lalu dari sisi SDM di internal juga kami terus mendorong peningkatan rasio dosen berpendidikan S3 agar dapat dikatakan ideal. Hal ini penting untuk bisa mendorong peningkatan kualitas lulusan di UNISKA,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Drs H Budiman H Mustafa mengingatkan agar para wisudawan UNISKA yang sudah menyelesaikan kuliahnya agar tetap membekali dirinya dengan berbagai pengalaman serta skill yang baik.

BACA LAGI :  Fisip Uniska Yudisium 365 Lulusan Terbaik, Termasuk Dua Bupati Ini

Hal itu dikarenakan untuk bisa mencapai kesuksesan, modal kuliah di Perguruan Tinggi saja tidaklah cukup. Karena tantangan di dunia kerja maupun usaha saat ini sudah semakin kompetitif dengan adanya persaingan global.

“Jadi tetap rajin membaca buku, terbuka terhadap pengalaman baru dan siap menyambut era digital hari ini. Insyallah jika konsisten dilakukan lulusan UNISKA mampu bersaing dan sukses di bidangnya masing-masing,” tukasnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) WIlayah XI, Prof. Dr. Ir. H. Udiansyah, M.S mengatakan bahwa UNISKA yang merupakan kampus swasta terbesar di Kalimantan tentunya dapat melahirkan lulusan yang terbaik dan siap bersaing dalam era digitalisasi sekarang.

“Saya berharap lulusan UNISKA bisa berkarakter dan mempunyai daya saing tinggi serta dapat mengimplementasikan segala ilmunya kepada masyarakat untuk pembangunan daerah ataupun nasional,” tuturnya.

Dirinya juga memuji kepedulian UNISKA kepada para dosennya untuk didukung berkarir setinggi – tingginya agar melahirkan para mahasiswa lulusan yang berkualitas.

“Saya sangat mengapresiasi langkah UNISKA dalam mendorong untuk memberikan ruang kepada para dosennya yang ingin menjadi guru besar UNISKA, tidak banyak kampus seperti UNISKA yang peduli terhadap para tenaga pengajar dilingkungan kampusnya,” pungkas Udiansyah.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.