Dilatih di Rindam, Menwa Se-Kalimantan Selatan Ikut Diklat 100 Siswa Bela Negara

0

RESIMEN Mahasiswa (Menwa) Suryanata Provinsi Kalimantan Selatan menerjunkan 100 siswa pelatihan bela negara dan pendidikan dasar Resimen Mahasiswa (Menwa) Se-Kalimantan Selatan di Dodik Bela Negara, Rindam VI/Mulawarman Banjarbaru.

DIIKUTI 100 peserta tersebut terbagi dari delegasi 13 perguruan tinggi se-Kalimantan Selatan. Pada Selasa (30/11/2021), tepat pukul 16.00 Wita, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor tiba di lapangan Dodik Bela Negara, Rindam VI/Mulawarman.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini pun langsung menuju podium selaku menjadi inspektur upacara sekaligus membuka secara resmi  pada perhelatan dalam pelatihan bela negara dan pendidikan dasar resimen mahasiswa tersebut.

Paman Birin mengungkapkan pada amanat inspektur upacara menegaskan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari ribuan pulau, beragam suku dan bahasa, serta kondisi geografis yang sangat luas.

BACA : Resimen Mahasiswa Diharapkan Tunjukkan Kiprahnya untuk Rakyat

Barisan Resimen Mahasiswa (Menwa) Suryanata saat mengikuti pembukaan diklat Bela Bangsa di Rindam, Banjarbaru. (Foto Istimewa)

“Kondisi ini tentu saja memerlukan ketahanan negara yang kuat, secara militer, ekonomi, budaya dan politik. Setiap anak bangsa mestinya memiliki kesadaran bela negara. Bela negara tidak hanya diartikan dengan mengangkat senjata atau berperang, namun apa yang kita kerjakan sehari-hari pun bisa bernilai bela negara,” ucap Paman Birin kepada jejakrekam.com, Selasa (30/11/2021).

Terlebih, menurut Birin, sepanjang pekerjaan kita bernilai positif dan bermanfaat, dengan pelatihan bela negara ini pula dapat menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia. Upaya itu, kata Birin, membangun satu kesatuan demi mencapai tujuan nasional.

Kemudian, Birin menutup dengan sebuah pantun, “Terbang tinggi si burung elang, melayang ke laut menerkam ikan. Gelorakan terus semangat juang, bela negara tanpa berkesudahan,” ujarnya.

BACA JUGA : Kemah Bela Negara Sajikan Wisata Alam Kalsel

Komandan Resimen Mahasiswa Suryanata Provinsi Kalimantan Selatan, Supiyanoor mengucapkan selamat kepada siswa diksar atas dibuka secara resmi pelatihan bela negara dan pendidikan dasar angkatan XVIII Tahun 2021.

“Kegiatan ini berlangsung selama 14 hari, maka momentum ini terlaksana dengan kerjasama antara Komando Resimen Mahasiswa Suryanata Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui anggaran Badan Kebangsaan dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkap Supiyanoor.

Kegiatan itu, menurut Supiyanoor, bertujuan agar mahasiswa yang bergabung dengan resimen mahasiswa, yaitu mempunyai kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan memiliki jiwa nasionalisme untuk bangsa dan negara.

“Generasi menwa, adalah generasi pejuang, generasi bela negara akan tetap ada sampai nanti,” tandasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:Danrindam mulawarman
Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.