Beri Tausyiah di Loksado, UAS Teringat Lakoni Dakwah ke Pedalaman Riau

0

USAI merasakan sensasi Balanting Paring (Bamboo Rafting) di Sungai Loksado, Ustadz Abdul Somad (UAS) mengisi tausyiah dalam rangka safari dakwah peringatan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ke-71 tahun.

BERLANGSUNG di Bumi Perkemahan Gunung Kantawan, Desa Tanuhi, Kecamatan Loksado, Selasa (16/11/2021), UAS pun ditemani Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad,

Sebelum menyampaikan materi ceramah, UAS didampingi Wabup HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan mushaf Alquran kepada tiga perwakilan dai pedalaman Pegunungan Meratus.

Saat berceramah, UAS mengaku terkesan dan merasakan asyiknya balanting paring sambil memandang indahnya alam Pegunungan Meratus.

“Baru kali ini dibawa untuk dakwah kembali ke alam, diiringi suara dari alam secara langsung,” ucap UAS, senang.

BACA : Ziarah ke Makam Guru Kapuh, UAS Disambut Hangat Masyarakat HSS

UAS mengaku takjub, melihat kondisi pedalaman di Kabupaten HSS yang berbeda dibandingkan daerah yang pernah ia datangi lainnya.

“Saya tidak menduga di sini rumahnya cantik, jalannya bagus. Di daerah lain kondisinya memprihatinkan,” ungkap penceramah kondang ini.

Sebelum dikenal publik luas, UAS mengaku memulai dakwah juga dari pedesaan dan pedalaman. Seingatnya, sudah lama dirinya tidak menyiarkan agama Islam langsung ke daerah pelosok seperti di Provinsi Riau.

“Hari ini kami kembali dibawa ke habitat aslinya, seperti ketika dulu berceramah masuk ke dalam pedalaman,” ujarnya.

BACA JUGA : UAS Nikmati Wisata Loksado Hingga Ziarah Ke Makam Guru Kapuh

Terlebih, ia merasakan hakikat diri seperti dahulu melakukan dakwah dan ikut gotong royong bersama masyarakat pelosok membangun masjid.

Tausyiah disampaikan dengan undangan terbatas menerapkan protokol kesehatan, namun masyarakat Kabupaten HSS dan seluruh Indonesia bisa menyaksikannya secara live streaming.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad mengungkapkan syukur dan bahagianya karena hari ini bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan UAS.

BACA JUGA : Ustadz Abdul Somad: “Ulama Kalsel Itu Turun Temurun”

“Jauh dari kota Kandangan, hampir 37 kilometer masuk ke dalam Pegunungan Meratus, kita mendapat kehormatan yang luar biasa hari ini,” katanya.

“Ustadz yang kita cintai dan kita banggakan berada di tengah-tengah kita. Tentu ini menjadi penyemangat bagi kita khususnya teruntuk para da’i pedalaman yang berhadir pada hari ini, yang mana mereka berjuang di tengah-tengah berbagai upaya untuk membina umat khususnya yang ada di Kecamatan Loksado”, ucap Wabup HSS. (jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.