Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Upacara HUT ke-76 TNI Digelar di Lapangan Apel Markas Komando Lanal Banjarmasin

0

MENGUSUSNG tema “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang” Upacara HUT ke-76 TNI kali ini digelar di Lapangan Apel Markas Komando Lanal Banjarmasin, Selasa (5/10/2021).

PELAKSANAAN HUT TNI juga mengikuti secara virtual upacara peringatan di Istana Negara, bertindak sebagai Inspektur Upacara Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo mengucapkan, Selamat hari ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia.

“Sampai saat ini kita masih dalam bayang-bayang pandemi covid-19. Keberhasilan kita dalam menangani covid-19 tidak terlepas dari peran TNI, Kesiapsiagaan TNI ini juga diaplikasikan untuk menghadapi berbagai ancaman. Transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan, TNI mampu berperan dalam strategis manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan rakyat semesta,” ujar Joko Widodo dalam sambutannya.

BACA: Peduli Kesehatan, bagikan Masker di Rangkaian HUT ke-76 TNI

“Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Ke-76 Tentara Nasional Indonesia selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI selamat atas kepercayaan dan kebanggaan rakyat Indonesia untuk saudara-saudara semua, dan selamat berbakti untuk ibu pertiwi,” lanjutnya.

TNI yang merupakan garda terdepan dalam mengawal dan menjaga kedaulatan NKRI baik di darat laut dan udara, menjadikan TNI sebagai pertahanan rakyat semesta.

“Kita harus berpikir jangka panjang, sistematis, konsisten dan berkelanjutan untuk itu terus laksanakan adopsi teknologi untuk kekuatan pertahanan indonesia yang lebih mumpuni, Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang ke-76, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan dirgahayu ke-76 Tentara Nasional Indonesia.

“Kita negara berdaulat tidak terpisahkan oleh peran TNI, ikhlas untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia, sudah selayaknya kita semua mencintai TNI,” katanya.

Sahbirin Noor mengatakan, Kita memiliki kesempatan untuk melangsungkan pembangunan, memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. “Kita mendoakan seluruh jajaran TNI senantiasa dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa. Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”, terangnya.

HUT TNI KE-76: Dengan menerapkan protokol kesehatan, upacara peringatan HUT TNI ke 76 dilaksanakan secara terbatas di lapangan Mako Lanal Banjarmasin, dengan tema Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang, Selasa (5/10/2021).

Danrem 101/Antasari, Brigjend TNI Firmansyah dalam sambutannya menegaskan bahwa hari ulang tahun ke-76 TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI saja, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia.

Perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara.

Penjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta pelindung segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya dalam operasi militer untuk perang atau OMP tetapi juga terlibat langsung dalam operasi militer selain perang atau OMSP.

“Dalam OMSP, TNI senantiasa menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman yang mengganggu stabilitas keamanan nasional bersama polri dan komponen bangsa lainnya sigap membantu rakyat dalam menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi covid-19 sekarang ini,” jelasnya.

BACA JUGA:

Turut hadir upacara tersebut jajaran Forkopimda Provinsi Kalsel yakni Ketua DPRD H Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto, Kabinda Brigjen Pol Heri Arwanto, Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb.Yulmaizir Chaniago, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M Tr. Hanla.

Upacara tersebut dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pasukan dibatasi, guna menghindari dan memutus mata rantai penyebaran Wabah Covid-19, selanjutnya rangkaian kegiatan upacara diakhiri dengan syukuran dan ramah tamah di gedung Hassan Basry.

Sebelumnya dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76, Lanal Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan Karya Bhakti Sosial dibeberapa tempat wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Pelaksanaan bhakti sosial prajurit Lanal bersama masyarakat yakni membangun sarana dan prasarana di daerah maritim (pesisir), Operasi Serbuan Vaksinasi Maritim Covid-19, serta pemberian bantuan sosial berupa paket sembako dan tali asih kepada masyarakat, terutama bagi warga yang terdampak covid-19 dan korban banjir.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.