Suguhkan Tari Kreasi dan Lokakarya Madihin, ULM Sukses Gelar Kongres AP2SENI IV

0

UNIVERSITAS Lambung Mangkurat (ULM) sukses menjadi tuan rumah Kongres Asosiasi Program Studi Pendidikan Seni Tari, Musik, Drama dan Sendratasik Indonesia (AP2SENI) IV pada 23-25 September 2021 di Banjarmasin.

EVEN dua tahunan ini dihadiri Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, yang menyuguhkan berbagai lomba secara daring serta acara kongres yang berlangsung di Hotel Aria Barito, Banjarmasin.

Kongres ini pun mempertemukan para dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (Sendratasik). Dihelat secara dring, karena masih dalam pandemi Covid-19. Sedangkan di lokasi acara diterapkan prokes ketat. Tercatat, ada 27 perwakilan universitas mengikuti kongres via aplikasi zoom meeting.

Ketua Pelaksana Kongres AP2SENI IV, Sulisno mengungkapkan dalam kegiatan dua tahunan ini juga diisi berbagai lomba, tak hanya seminar nasional dan lokakarya madihin. Seperti lomba di antaranya cipta lagu anak, lomba inovasi media pembelajaran seni, lomba tari kreasi, dan lomba monolog.

“Untuk peserta merupakan seluruh mahasiswa yang universitasnya tergabung dalam AP2SENI. Ini merupakan kehormatan bagi ULM yang menjadi tuan rumah tahun ini,” ucap Sulisno yang juga dosen Prodi Sendratasik FKIP ULM kepada jejakrekam.com, Minggu (26/9/2021).

BACA : Spektakuler! Digarap Serius, Sendratasik Adipati Karna Memukau

Terbukti, banyak peserta yang mengikuti lomba. Dari lomba tari kreasi diikuti 19 peserta, 22 peserta untuk cipta lagu anak, 12 peserta dalam lomba media pembelajaran dan 14 peserta yang mengikuti lomba monolog. Untuk juri pun digalang dari kalangan profesional, akademisi dan seniman yang ada di Kalsel.

Juara I Lomba Monolog, Janah dari Universitas Negeri Padang

Sementara itu, Rektor ULM  Prof Dr H Sutarto Hadi mengaku bangga walau prodi seni drama, tari, dan music (sendratasik) FKIP ULM tergolong baru, berusia 10 tahun. Namun, prodi pendidikan seni telah berkembang pesat dan memberikan kontribusi yang besar dalam bidang pendidikan seni, terutama wilayah Kalimantan Selatan.

Nah, lewat paradigma Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sebagai Landasan Inovasi Pendidikan dan Kreativitas Seni Milenial, dalam lokakarya madihin diperkenalkan pengalaman berkesenian madihin bagi mahasiswa di lingkungan AP2SENI.

BACA JUGA : Hadirkan Dua Penerus Gusti Jamhar Akbar, Tradisi Lamut Banjar Bisa Masuk Mulok

Sebagai contoh, dalam lomba tari kreasi keluar sebagai juara harapan 1 adalah Dimas Yusuf Senawa (Universitas Sultan Agung Tirtayasa). Disusul juara 3, Ni Kadek Tresnakert (Institut Seni Indonesia Denpasar), juara 2 Muhammad Sirajul Munir (Universitas Negeri Malang) dan Muhammad Ridho (Universitas Negeri Padang) sebagai juara 1.

Begitupula, lomba monolog ; harapan 1 adalah Irma Tri Wahyuni (ISI Denpasar). Wakil dari ULM, Ilham menyabet juara 3 Ilham dan Sirajul Munir dari UN Malang di posisi runner up, dan Janah (Universitas Sultan Agung) keluar sebagai juara I. Sementara di lomba lainnya juga melahirkan para jawara.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.