Bupati Tanggapi Aspirasi Warga untuk Percepatan Pembangunan Desa

0

KUNJUNGAN Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dalam rangka silaturahmi dan rapat koordinasi Sinergitas Dan Percepatan Pembangunan Desa, tentu tak disia-siakan kepala desa di bawah Pemerintahan Kecamatan Kusan Hulu.

PERTEMUAN yang dipandu Camat Kusan Hulu DRS H Herlambang itu, Bupati langsung mendengarkan berbagai paparan permasalahan di wilayah tersebut. Berbagai usulan, mulai dari kondisi banjir, penanganan covid-19 hingga meangkat rumah yang terdampak banjir, serta persoalan pengentasan stunting.

Dengan mendengarkan paparan para kepala desa, membuat Bupati bangga. Menurut Bupati, disitu terlihat sebuah tanggung jawab dan mengerti akan persoalan wilayahnya.

“Makanya hari ini kami ingin mengenal lebih jauh tentang bagaimana karakter, kapasitas, equality para kepala desa dan akhirnya terjawab hingga membuat saya bangga melihat tampilan para mereka dan ini sangat luar biasa,” kata Bupati, Senin (20/9/2021) Desa Binawara.

Paparan para kepala desa tidak langsung di jawab oleh Bupati. Namun akan dijawab oleh tim yang akan turun langsung ke desa. “Nanti di desa akan ada pertemuan khusus yang dihadiri para kepala dinas, dan terbagi dalam beberapa tim. Saat pertemuan nanti, akan dipertajam apa yang menjadi persoalan kita,” terang Zairullah Azhar.

BACA: Bupati Zairullah Kumpulkan Camat se Tanah Bumbu untuk Koordinasi Pembangunan di Setiap Kecamatan

“Kalau yang diputuskan di Musrenbang 2022 Kabupaten itu sudah tidak masalah, tapi yang menjadi persoalan adalah yang tidak masuk dalam Musrenbang namun ada hal yang mendesak dan tentu harus dicarikan jalan keluarnya,” sambungnya.

Beberapa hari ini pihaknya di Kabupaten selalu membuat analisisa dan kajian tentang apa yang bisa dilakukan buat mendorong dan membantu meringankan tugas dan tanggung jawab para kepala desa. “Oleh sebab itu apa yang disampaikan tadi, soal PJU yang sudah kita bahas, tinggal bagaimana nanti anggarannya. Sementara Parkimtan dan PU saat ini sedang menggarap,” ujar bupati.

“Termasuk masalah jalan antar lingkungan antar desa dan antar RT, nanti akan kita lihat. Harapan bersama, kepala desa harus hapal berapa kilometer jalan yang harus di tuntaskan, apakah jalan kotanya di desa jalan lingkungannya di Desa atau di RT, maka mulai sekarang diolahkan betul rancangannya sehingga kemudian kita bisa mentargetkan kapan itu bisa selesai,” bebernya.

Sementara itu di hari yang sama, usai rakor di Kusan Hulu rakor serupa juga dihadiri bupati di Kecamatan Kusan Tengah. Turut dihadiri sejumlah kepala desa setempat, dengan ragam usulan yang berbeda.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.