APBD-P 2021, Kalsel Fokus Dalam Penanganan Covid-19

0

SAMBUTAN Gubernur Kalsel Masa Jabatan 2021-2024 yang didahului penandatanganan Nota kesepahaman Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD Kalsel tentang Perubahan Kebijakan Umum APBD dan perubahan PPAS tahun 2021 menjadi agenda dalam rapat paripurna yang dilaksanakan DPRD Kalsel, Rabu (01/09/2021).

GUBERNUR Kalsel, H Sahbirin Noor menyampaikan, melalui Perubahan APBD 2021 ini merupakan upaya yang dilakukan agar penanganan pandemi Covid-19 di daerah lebih maksimal baik di sektor kesehatan, ekonomi, maupun pendidikan.

Disisi lain, Perubahan APBD 2021 ini, juga diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan pembangunan daerah sesuai dengan prioritas yang direncanakan.

“Kita fokuskan untuk penanganan Covid-19, berbagai cara kita lakukan untuk meminimalisir penularan virus ini sekecil mungkin,” katanya.

Paman Birin, sapaan akrabnya juga meminta dukungan semua pihak terhadap mandat yang diembannya sebagai pemimpin terpilih bersama wakilnya Muhidin agar mampu memberikan pengabdian terbaik untuk Banua dan rakyat Kalsel.

“Semoga mampu melanjutkan lintasan meraton pembangunan hingga garis finis pembangunan di tahun 2024,” harapnya.

Paman Birin menambahkan lima tahun meraton pembangunan yang dimulai sejak 12 Februari 2016 hingga sekarang ini, telah membuahkan hasil yang cukup memuaskan, diantaranya Kalsel mampu meningkatkan IPM dari 69,5 menjadi 70,91.

“Kalsel bisa menurunkan angka pengangguran dari 4,92 persen menjadi 4,33 persen. Kalsel mampu meraih SAKIP dengan nilai A. Kemudian berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK selama delapan kali berturut-turut, ” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Paman Birin, dalam melanjutkan pembangunan di Kalsel kedepan capaian pembangunan sebelumnya akan disandingkan dengan tantangan dan peluang dari perpindahan Ibu Kota Negara Kaltim dan keberadaan food estate di Kalteng sebagai pertimbangan dalam menentukan arah dan gagasan pembangunan. “Arah dan gagasan utama pembangunan ke depan terangkum dalam visi Banua Maju dan Kalsel maju,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.