KPU Barut Laksanakan Penetapan Rekapitulasi Berkelanjutan

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, telah melaksanakan penetapan rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan periode Juni 2021, di aula rumah pintar, Senin (28/6/2021).

KETUA Komisi Pemilihan Umum, Barut, Malik Muliawan mengatakan, perubahan-perubahan yang terjadi dikarenakan adanya masukan atau tanggapan dari beberapa instansi dan laporan beberapa warga masyakat.

Sebelumnya kata dia, pada bulan Mei 2021 jumlah data pemilih yang dirapatkan berjumlah 96.145. Pada Bulan Juni ini ada penambahan pemilih baru sebanyak 568 dan pengurangan pemilih yang meninggal dunia sebanyak 35. Sehingga jumlah pemilih untuk periode Juni sampai saat ini menjadi 96.678 pemilih, dimana untuk laki – laki 49.860 pemilih dan untuk perempuan berjumlah 46.818 pemilih.

BACA: KPU Barut Lakukan Pemutahiran Data Berkelanjutan

Menurutnya, Pada Bulan Juni ini KPU telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Barito Utara. Hasil koordinasi tersebut KPU menerima masukan data siswa yang sudah berumur 17 tahun sehingga dapat dikategorikan sebagai pemilih pemula.

Begitu pula KPU juga melakukan koordinasi ke Kelurahan Melayu dan Keluraham Lanjas untuk meminta keterangan data kematian.

Pada tanggal 30 Juni ini KPU akan melaksanakan Rapat Koordinasi Triwulan II yang rencananya akan dilaksanakan di Aula Bappeda. “Instansi terkait dan partai politik akan diundang untuk mengikuti kegiatan Rakor ini,” katanya.

Malik Muliawan berharap agar seluruh lapisan masyarakat bisa turut mendukung dan turut berpartisipasi dalam pemutakhiran data pemilih ini, walaupun diketahui bersama Pemilu serentak masih jauh yaitu tahun 2024. “Tetapi kegiatan pemutakhiran data pemilih ini tetap terus dilaksanakan dengan tujuan memperoleh data yang update,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.