KPU Barut Lakukan Pemutahiran Data Berkelanjutan

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Barito Utara, telah melakukan pemutakhiran data jumlah pemilih. Yang diperuntukkan pada pemilihan kepala daerah dan legislatif tahun 2024 mendatang.

KETUA KPU Barito Utara, Malik Muliawan, Senin (31/5/2021) mengatakan, telah melaksanakan rapat pleno. Bersama denga seluruh anggota dan pegawai, dalam rangka penetepan progres tindak lanjut daftar pemilih berkelanjutan.

Dari progres pada bulan April jumlah daftar pemilih berkelanjutan adalah 96.145 0rang. Sementara dari jumlah itu ada 14 orang yang tidak menenuhi syarat karena meninggal dunia.

Kemudian pihaknya telah melakukan progres pada bulan Mei ada 16 orang yang memenuhi syarat, sehingga jumlah keseluruhan menjadi 96.147 orang.

Dikatakannya, data ini juga belum final karena pemutahiran terus belanjut hingga menjelang pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum secara serentak pada tahun 2024 mendatang.

“Jadi data ini terus di update, agar yang mempunyai hak pilih dapat melaksanakan hak pilihnya sesuai yang sudah ditentukan,” kata Malik Muliawan.

Ditambahkannya, untuk pemilihan DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD RI dan DPR RI dilaksanakan pada 21 Pebruari 2024. Sedangkan untuk pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan walikota pada bulan November 2024.

Data ini terus berlanjut. Dan diharapkan masyarakat memberikan informasi kepada KPU untuk menyampaikan data tersebut. Karena masyarakat yang sudah usia 17 tahun dapat menggunakan hak pilih dan masuk dalam daftar pemilih.

Kemudian bagi TNI Polri yang sudah purna tugas dapat menyampaikan informasi mengenai keterangan data, karena bila sudah habis masa tugas sebagai TNI/Polri bisa menggunakan hak pilih.

Dikatakannya, selain itu organisasi kemasyarakatan agar memberikan informasi. Salah satunya adalah rukun kematian dapat memberikan informasi tersebut.

“Data pemilih berkelanjutan terus dilaksanakan hingga pelaksanaan sesuai dengan arahan pusat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.