Tanpa Kantongi Izin, 7 Jukir di RM Wong Solo dan Lapangan MTQ Digaruk Polres HSS

0

INSTRUKSI Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyikat premanisme dan pungutan liar (pungli) tak hanya menyasar kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Ternyata, perintah orang nomor satu di Republik Indonesia ini juga dijalankan jajaran Polres Hulu Sungai Selatan (HSS).

DALAM operasi terpusat bersandi cipta kondisi (cipkon), jajaran Polres HSS berhasil mengamankan 7 juru parkir (jukir) tanpa izin. Mereka telah melakukan penarikan tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2 ribu dan kendaraan roda empat (mobil) Rp 5 ribu ditengarai kuat tanpa izin dari Dinas Perhubungan HSS.

Giat ini dipimpin Kabag Ops Polres HSS AKP Agus Sugianto dan Kasat Reskrim Polres HSS, AKP Matnur dibackup personel gabungan. Hasilnya, 7 jukir ilegal pun digaruk dengan barang bukti retribusi tanpa karcis resmi.

Dasi hasil operasi cipkon itu, Polres HSS berhasil mengamankan 6 orang dengan barang bukti uang sebesar Rp 40 ribu, terdiri dari dua lembar Rp 5.000 dan 15 lembar uang Rp 2.000 di depan Rumah Makan Wong Solo, Kandangan, Kecamatan Kandangan, Sabtu (12/6/2021) malam.

BACA : Juru Parkir Rusunawa Kelayan Selatan Diciduk Polisi karena Simpan Sabu

Kemudian, polisi juga menyasar ke Lapangan MTQ Kelurahan Kandangan. Di tempat ini, satu orang idmankan dengan uang pecahan Rp 10.000, dan dua lembar Rp 5.000 dan sisanya uang recehan lainnya.

Identitas 7 pelaku yang diamankan itu adalah MR (19 tahun), RS (21 tahun), MF (23 tahun), MN (26 tahun), MD (27 tahun), MR (27 tahun) dan R (46 tahun).

“Ketujuh pelaku ini kami amankan dan kemudian didata. Selanjutnya, mereka dibina dengan diberi surat peringatan, agar segera mengurus surat izin parkir di dinas terkait. Setelah itu, pelaku kami pulangkan,” papar Kasat Reskrim Polres HSS, AKP Matnur kepada awak media.

Sementara itu, Kapolres HSS AKBP Siswoyo berharap dengan dilaksanakannya operasi cipta konidis ini dapat menekan angka kriminalitas di wilayah hukumnya.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.