Anak Lutung di Banjarmasin Dievakuasi Usai Tersengat Listrik, Sang Induk Tewas

0

SEEKOR anak lutung atau hirangan dievakuasi tim Animal Rescue Banjarmasin usai tersengat listrik bersama sang induk di kawasan Sungai Andai, Banjarmasin Utara.

PERISTIWA ini terjadi pada Kamis (10/6/2021) malam, di sekitar wilayah SMAN 11 Banjarmasin. Kala itu, ia bersama sang induk berada di atas tiang listrik lalu jatuh ke tanah. Nahas, sang induk langsung tewas di tempat.

Anggota Animal Rescue Banjarmasin, Andy Putra, berkata kondisi anak hirangan yang diberi nama Batih, sempat mengalami stress. “Untuk anaknya, saat ditemukan itu tertindih induknya dan sempat ada sedikit stress,” ungkapnya, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA: Polda Kalsel Ungkap Kasus Perdagangan Satwa, Bekantan hingga Beruang Madu Jadi Barbuk

Setelah itu, tim langsung menghubungi dokter hewan untuk memeriksa dan melakukan penanganan dini kepada Batih. “Alhamdulillah setelah diperiksa, kondisi anak hirangan sudah stabil,” kata Andy.

Anak lutung yang ditemukan di Sungai Andai yang berhasil dievakuasi. Foto: M Syaiful Riki/Jejakrekam

Lebih jauh, Andy menilai dua ekor hirangan tersebut berkeliaran lantaran habitat aslinya sudah mulai terkikis. Sehingga hewan jenis primata tersebut harus mencari makan ke tempat ramai.

Selanjutnya, anak hirangan ini diserahkan ke (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Kalimantan Selatan untuk ditangani lebih lanjut. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.