Partisipasi Pemilih PSU Pilgub di Kelurahan Pemurus Dalam Tak Capai 80 Persen

0

TINGKAT partisipasi pemilih di beberapa TPS Kelurahan Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 tak bisa meningkat tajam.

MISALNYA di TPS 06. Tingkat partisipasi warga hanya sekitar 50 persen. Tak sesuai harapan yang ditarget berada di angka 80 persen.

Sebab dari total 220 Daftar Pemilih Tetap (DPT), tercatat hanya 126 warga yang menggunakan hak suaranya.

BACA: Animo Masyarakat di PSU Pilgub Kalsel Diklaim Tinggi

Ketua KPPS TPS 06 Pemurus Dalam, Zainal Arifin menilai masih minimnya tingkat partisipasi di tempat ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Seperti adanya warga yang pindah rumah hingga alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. “Ada juga masyarakat yang enggan berkerumun, sehingga tak bisa menggunakan hak suaranya,” ungkapnya.

Padahal, Zainal mengklaim sosialisasi sudah gencar dilakukan. Bahkan, pihaknya memberikan kelonggaran kepada pemilih untuk mencoblos melewati waktu yang sudah ditentukan.

BACA JUGA: Safrizal dan Ilham Saputra Apresiasi Semua Pemilih PSU Yang Hadir di TPS

Kendati demikian, dia menyatakan bahwa angka partisipasi ini sudah meningkat dibanding Pilkada 9 Desember 2020 lalu. Yakni meningkat sekitar 6 pemilih.

“Ada yang kemarin (Pilkada 9 Desember 2020) nyoblos, hari ini tidak. Begitu pun sebaliknya,” tuntasnya.

Pantauan lain, di TPS 09 tingkat partisipasi juga masih rendah. Dari total 470 DPT, hanya sebanyak 212 warga yang menggunakan hak suara. Kemudian di TPS 02, tercatat sebanyak 234 orang menggunakan hak suara dari total 329 DPT.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.