Para Kades Studi Banding Ke Murung Raya

0

PEMILIHAN serentak kepala desa di Kabupaten Barito Utara, yang dilaksanakan pada tahun 2022 nanti, di 73 Desa pada sembilan kecamatan.

KEPALA Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Evereadi Nor, mengatakan seiring dengan kegiatan pemilihan kades secara serentak, pihaknya akan melaksanakan studi banding ke Kabupaten Murung Raya, Selasa(8/6/2021).

Menurut Evereadi Nor, kegiatan studi banding tersebut karena Murung Raya tahun ini melaksanakan kegiatan serupa. Sehingga ini bisa dijadikan acuan untuk diterapkan di Barut.

BACA: DPRD Barito Utara Godok Perda soal Pelaksanaan Pilkades dan PAW

Studi banding dilaksanakan juga bagaimana tata cara pelaksanaan di tengah pandemi yang masih melanda di seluruh tanah air. “Kita hanya ingin belajar, agar pelaksanaan sesuai dengan arahan pemerintah disaat pandemi,” katanya.

Dikatakannya, untuk pemilihan kepala desa secara serentak, memang raperda masalah pemilihan sudah ada payung hukumnnya secara tehknis sehingga perda ini juha menjadi acuan. Diantaranya, jumlah peserta yang ikut dalam kontestan.

Untuk pemilihan kades tahun depan, tidak mesti warga di wilayah domisili dan boleh peserta orang luar Desa setempat. “Jadi semua warga negara indonesia yang memenuhi syarat bisa mendaftar, dan tidak mesti warga setempat,” katanya.

Ditambahkannya, kegiatan studi banding dengan para kepala desa nantinya agar bisa bermanfaat demi suksesnya pemilihan serentak tahun depan.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.