Hadirkan Layanan Kesehatan Jantung, Pemprov Kalsel Kerja Sama dengan RS Harapan Kita

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Jantung, dan Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita (RSJPDHK) Jakarta untuk menghadirkan layanan kesehatan jantung di Kalimantan Selatan.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan RSUD Ulin dengan RSJPDHK di Banjarmasin, Selasa (23/3/2021).

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengatakan, Rumah Sakit Nasional Harapan Kita akan melakukan pengampuan kepada RSUD Ulin selama 2 tahun agar operasi jantung terbuka bisa dilakukan secara mandiri di RSUD Ulin.

Ia mengungkapkan, dengan kerja sama ini tentunya akan menghemat waktu dan biaya pasein beserta keluarganya. Dengan kata lain, tidak harus menunggu dua tahun untuk bisa melakukan operasi jantung terbuka.

BACA JUGA: Tak Perlu Keluar Daerah, RSUD Ulin Hadirkan Terapi Radiasi untuk Pengobatan Kanker

Dalam waktu dekat, bila ada pasien yang perlu dioperasi bisa dilakukan dengan didampingi tim Harapan Kita.”Jadi dalam waktu dekat kita akan lakukan tapi didampingi tim Rumah Sakit Jantung, dan Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita, jadi tidak menunggu 2 tahun, 2 tahun itu pendampinganya,” katanya.

Direktur Utama Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, DR dr Iwan Dakota mengatakan, RSJPDHK mempunyai kewajiban dan tugas untuk melakukan pengampuan, pembinaan dan pelatihan dalam pelayanan kardiovaskular. Terdapat 54 Rumah Sakit yang dibina termasuk RSUD Ulin.

“Kami berharap, RSUD Ulin benar benar bisa mandiri,” katanya.

BACA JUGA: Merasa Jadi Korban Dugaan Malpraktik, Pasien Gugat Pemprov Kalsel dan Direktur RSUD Ulin

Untuk kesiapan SDM dan sarana dan prasarana RSUD Ulin sudah mencapai 90 persen. ” Dokter bedah sudah ada, dokter anestesi sudah ada, hanya satu dua yang perlu kita latih,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Ulin Suciati berharap, operasi jantung terbuka perdana bisa dilakukan sebelum bulan Ramadhan tahun ini.
“Kita sedang menyiapkan, kita berharap operasi perdana dapat dilakukan sebelum bulan Ramadhan,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.