Permintaan Plasma Konvalesen Meningkat, UDD PMI Banjarmasin Gencar Cari Pendonor

0

KEBUTUHAN Plasma Konvalesen untuk menyembuhkan pasien Covid-19 dengan kategori berat saat ini mulai meningkat beberapa waktu ini.

METODE
Donor Plasma Konvalesen mulai menjadi cara alternatif dari pihak rumah sakit rujukan di Banua. Berdasarkan hal tersebut, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjarmasin mengaku mulai kewalahan menyediakan stok Plasma Konvalesen karena besarnya permintaan dari beberapa rumah sakit rujukan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit. Dirinya mengatakan pihaknya sebagai salah satu unit pelayanan kesehatan yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyediakan kebutuhan Plasma Konvalesen di Kalsel tentunya harus siap.

BACA : UDD PMI Banjarmasin Berharap Dapat Rekom Layanan Rapid Test Antigen

“Peminatnya Plasma Konvalesen sekarang cukup tinggi, bahkan kita mulai kesulitan memenuhinya karena masih kurangnya pendonor yang merupakan pasien yang pernah terinveksi Covid-19,” ungkapnya, Senin (25/1/2021).

Bahkan, sejak awal Januari lalu hingga sekarang, kurang lebih sudah 28 kantong Plasma Konvalesen yang mampu diproduksi UDD PMI Kota Banjarmasin.

“Namun itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan Plasma Konvalesen, karena tingginya kebutuhannya dirumah sakit rujukan,” tambahnya.

Agar bisa memenuhi kebutuhan Plasma Konvalesen sendiri, pihaknya mengaku gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui pesan whatsup berantai hingga bekerjasama dengan instansi terkait.

“Karena itulah bagi pasien Covid-19 yang sudah sembuh, kami harapkan bisa mendonorkan diri untuk menambah stok Plasma Konvalesen. Hal itu mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang berjuang untuk sembuh dari Covid-19 dengan menggunakan Plasma Konvalesen,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.