Kurang Efektif, Pelaksanaan Belajar Daring di Barito Utara Dikeluhkan Dewan

0

ANGGOTA Komisi I DPRD Kabupaten Barito Utara, Mustafa Joyo Muchtar mengharapkan pemerintah kabupaten setempat dapat mencari solusi untuk pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Saat ini pembelajaran dengan sistem daring atau online untuk seluruh wilayah di Kabupaten Barito Utara dirasa tidak memungkinkan, karena ada beberapa kendala yang dihadapi anak-anak,” kata Mustafa Joyo Muhtar, Kamis (7/1/2021).

Menurut Mustafa, salah satunya permasalahannya adalah terbatasnya gadget untuk masyarakat miskin yang kurang mampu. Selain itu juga jaringan yang tidak stabil bahkan tidak ada untuk akses internet, terutama di daerah pedalaman.

Jadi kata dia, pembelajaran dengan sistem daring ini dirasa tidak efektif dilakukan untuk daerah-daerah pedesaan dan pedalaman.

“Kalau untuk wilayah perkotaan, hal ini dapat saja dilakukan, namun wilayah pedesaan dan pedalaman sangat sulit,” ujarnya.

Untuk itu, dia menyarankan agar pemerintah daerah dapat merekomendasikan pembelajaran tatap muka dilaksanakan seluruh sekolah di Kabupaten Barito Utara, namun tetap mengikuti prosedur kesehatan dengen tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi kami menyarankan agar pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan di Kabupaten Barito Utara untuk seluruh sekolah baik SD, SMP hingga SMA bahkan universitas. Namun, sistem ini harus diatur dan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mustafa menjabarkan sudah sekitar delapan bulan lebih, pembelajaran dengan sistem daring ini dilaksanakan, namun dilihat terjadi penurunan kualitas pendidikan pada seluruh peserta didik, karena kurang efektif.

”Jadi sepatutnya pemerintah daerah dapat segera menemukan solusi terbaik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Barito Utara ini,” pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.