Pekan Depan, Dispersip Kalsel Gelar Diskusi terkait Penyelematan Arsip Pemilu

0 83

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan berencana menggelar kegiatan di awal tahun berupa diskusi dengan mengangkat tema Penyelamatan Arsip Pemilu’, pekan depan.

KADISPERSIP Kalsel Nurliani Dardie menuturkan data-data dan informasi Pilkada tahun ini tentu diperlukan di masa depan, sebagai bahan evaluasi yang harus benar-benar dijaga.

Apalagi sepanjang sejarah pemilihan umum di Indonesia, Pilkada Serentak 2020 merupakan salah satu yang paling rumit, karena digelar bersamaan di masa pandemi Covid-19.

“Jejak pelaksanaan Pemilu ini tentunya harus diwariskan kepada generasi mendatang karena merupakan gambaran objektif tentang sejarah politik dari masa ke masa, sesuai zamannya,” tutur Bunda Nunung – sapaan akrabnya, Kamis (07/1/2020).

Menurutnya gambaran tersebut hanya dapat dibaca dan dipelajari dari arsip yang diselamatkan, dilestarikan dan dimanfaatkan.

Hal itu pula yang menjadi alasan utama digelarnya webinar ke-21 oleh jajaran instansinya.

Untuk narasumber, pihaknya menggandeng Direktur Akuisisi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Rudi Anton dan Koordinator Arsip I ANRI, Pujiarto, yang akan dimoderatori oleh Reswan Iryandy.

Nantinya, peserta kegiatan merupakan para pejabat dan staf di Dispersip Kalimantan Selatan, serta lembaga kearsipan di kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, termasuk pula ketua, komisioner, pejabat serta staf di KPU dan Bawaslu Provinsi maupun kabupaten/kota di provinsi ini. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.