Cegah Covid-19, RSJ Sambang Lihum Perketat Prokes Disiplin di 2021

0

DIREKTUR Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum Kalsel, dr H IBG Dharma Putra, MKM menegaskan pihaknya terus berupaya memperketat protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

TENTUNYA
hal tersebut dilakukan dengan berbagai macam langkah, baik dari segi antisipasi maupun proaksi di awal tahun 2021 ini.

“Kita terus upayakan agar semua karyawan di RSJ ini terhindar covid-19, yaitu dengan prokes yang disiplin seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak (3M),” tegasnya, Senin (4/1/2021), dikantornya.

BACA : Hari Kesehatan Jiwa Dunia, RSJ Sambang Lihum Terus Tingkatkan Kesehatan Jiwa Masyarakat

Pihaknya selama ini terus melakukan pemeriksaan awal terhadap tamu yang berkunjung dengan tetap memperketat penjagaan dipintu masuk gerbang. Tidak hanya bagi tamu, bahkan yang lebih penting dianjurkan setiap pasien yang masuk rawat inap akan dilakukan rapid tes antigen terlebih dahulu.

“Kita lakukan tes antigen bagi pasien yang rawat inap, sedangkan untuk pasien rawat jalan tidak diberlakukan tes, namun petugas yang memeriksa tetap memakai Alat Pelindung diri (APD) lengkap,” ujarnya.

Selain itu, dr Dharma juga menekankan jajarannya agar di 2021 ini, RSJ Sambang Lihum bisa tetap terhindar kasus Covid-19, sebagaimana di tahun 2020 lalu RSJ Sambang Lihum merupakan satu-satunya instansi publik pemerintahan yang bisa meminimalisir kasus angka Covid-19.

BACA JUGA : Usai Peresmian, Jembatan Gantung Pulau Bromo Ramai-Ramai Diserbu Pengunjung

“Karena itulah RSJ Sambang Lihum didaulat pemerintah sebagai tuan rumah dalam memperingati Hari Kesehatan Dunia 2020 lalu,” tambahnya.

Untuk itu, resolusi jajaran direksi di tahun 2021 dengan menerapkan pola hidup sehat bagi seluruh karyawan. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta meminum air yang cukup, agar metabolisme tubuh bisa bagus sehingga target 0 persen tidak terkena Covid-19 di RSJ Sambang Lihum bisa terwujud.

“Selain menambah APD yang paripurna bagi petugas, kami akan sediakan dispenser- dispenser air minum disetiap sudut ruangan RSJ agar kebutuhan akan air minum bisa terpenuhi bagi tubuh, semoga hal ini bisa terwujud,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.