Panen Buah Melon di Kebun PKK HSS, Bupati Fikry : Bisa Jadi Contoh bagi Masyarakat

0

PANEN buah di Kebun PKK Hulu Sungai Selatan (HSS) di Jalan A Yani Km 3 Kandangan, Senin (16/11/2020), dilakukan Bupati H Achmad Fikry bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad ditemani pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten HSS.

BUPATI HSS H Achmad Fikry pun bersyukur buah melon dan berbagai buah lainnya telah besar dan siap panen, buah keberhasilan pengelola Kebun PKK.

“Dua bulan lalu, kami juga mengunjungi Kebun PKK. Ternyata, sekarang sudah berbuah dan siap panen,” ucap Bupati Fikry.

Ia mengaku tiap tahun digelar lomba kebun berpusat di Kebun PKK HSS di Kandangan, namun tahun ini ditiadakan akibat pandemi virus Corona (Covid-19). “Namun, kebunnya tetap dipelihara. Apalagi, Kebun PKK ini merupakan kebun yang dikelola bersama Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan HSS untuk memberi contoh kepada masyarakat terhadap pemanfaatan lahan,” ucap Bupati Fikry.

BACA : Awal Tahun 2021, Pembelajaran Tatap Muka di Kelas Mulai Diberlakukan Disdik HSS

Sebab, menurut dia, banyak tanaman obat yang bisa ditanam di kebun atau pekarangan untuk keperluan rumah tangga. Tak hanya tanaman buah-buahan.

“Makanya, 10 program pokok PKK bisa diterapkan di sini, akan dievaluasi dan terus diperbaiki ke depan,” tuturnya.

Ia berharap pemanfaatan lahan seperti kebun keluarga bisa ditanami buah melon, serta tanaman lainnya di antaranya pepaya, jagung, dan tanaman obat keluarga (toga).

BACA JUGA : MUI HSS Serukan Umat Islam untuk Boikot Produk Perancis

Di kesempatan itu, Bupati Fikry pun turut menabur benih 600 ekor bibit ikan nila di dua kolam bioflok yang telah disiapkan Dinas Perikanan HSS.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor mengungkapkan berbagai macam tanaman sayuran dan buah, serta tanaman obat keluarga tumbuh subur di Kebun PKK ini.

“Sejak ditanam, tanaman tersebut dirawat pengurus PKK HSS dibantu oleh beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, hingga akhirnya buah-buahan dan sayuran tersebut siap panen,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis A Firman
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.