Pelajar SMAN 3 Banjarmasin Ikut Demo Mahasiswa, Kepsek Ancam Siswa Bisa Tak Naik Kelas

0

MARAKNYA aksi demonstrasi untuk menyampaikan aspirasi menolak pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, tak hanya dilakoni para mahasiswa. Selain kalangan intelektual kampus, para pelajar juga turut ikut serta turun ke jalan.

NAMUN, aksi para siswa berseragam putih abu-abu itu justru mengundang keprihatinan sejumlah kalangan. Sebab, massa yang turun ke jalan itu justru dilakukan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) di Banjarmasin.

Terlihat, ada sejumlah pelajar SMA dan SMK turut membaur dengan ratusan bahkan ribuan mahasiswa yang menggelar aksi penolakan Omnibus Law ini sebanyak tiga jilid di Banjarmasin.

BACA : Puluhan Pelajar Diamankan Aparat, Ada Bawa Miras sampai Petasan

“Kami akan beri sanksi tegas, jika ada murid SMA Negeri 3 Kota Banjarmasin yang ikut-ikutan demo soal UU Cipta Kerja. Tugas pelajar ya belajar, siswa SMA dilarang ikut-ikutan demo,” kata Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Banjarmasin, Syarifuddin kepada jejakrekam.com, Selasa (27/10/2020).

Kata Syarifuddin, pihak sekolah sudah mengeluarkan surat edaran dan imbauan kepada siswa dan orangtua, agar tak mengikuti kegiatan demonstrasi. Khususnya, mengikuti aksi para mahasiswa yang menyoal UU Cipta Kerja.

“Dalam surat edaran itu, kami tegaskan bahwa pihak sekolah tak akan mentolerir. Jika ada siswa SMAN 3 Banjarmasin secara terang-terangan ikut aksi demo UU Cipta Kerja, maka yang bersangkutan bisa tidak naik kelas atau nilai ulangannya kami kurangi,” ancam sang kepsek.

Hal senada juga disuarakan Ihsan. Warga Jalan Kuripan Banjarmasin malah setuju jika anak pelajar yang ikut-ikutan demo diberi sanksi tegas oleh pihak sekolah.

“Pelajar SMA rata-rata belum mengerti soal aksi demo yang dilakukan oleh oknum mahasiswa yang menentang UU Cipta Kerja. Jadi sebaiknya aksi demo dimsa pandemi lebih diperhatikan dampaknya, bila perlu dilarang,” kata guru ngaji ini.

BACA JUGA : Kapolda Kalsel : Ajak Pelajar SMA/SMK Ikut Demo, Bisa Kena Pidana!

Informasi yang diterima jejakrekam.com menyebutkan, beberapa elemen mahasiswa di Kota Banjarmasin akan melakukan demonstrasi ke gedung DPRD Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin pada Rabu (28/10/2020) dan Jumat (30/10/2020) guna menentang lahirnya UU Cipta Kerja.

Personel gabungan dari Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin serta Polsekta Banjarmasin Tengah pun dikabarkan akan mengawal aksi jilid IV tersebut.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.