Dukung UMKM Kalimantan, Pertamina Kembali Salurkan Pinjaman Rp 2,5 Milyar

0

PERTAMINA salurkan pinjaman modal usaha kemitraan kepada pelaku UMKM di Kalimantan sejumlah Rp 2,5 Milyar yang diserahkan  oleh Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun.

ADAPUN
penyerahan diberikan kepada 29 pelaku UMKM yang tersebar di 3 (tiga) provinsi di Kalimantan yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan bertempat di Gedung Annex Kantor Pertamina MOR VI Kalimantan, Selasa (13/10)2020).

Roberth mengatakan, tujuan pemberian dana Program Kemitraan  untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam berusaha dalam bentuk pinjaman dana bergulir. Di tengah pandemic Covid 19 ini, banyak UMKM yang terdampak dan memerlukan suntikan modal untuk mulai bangkit dan menata usahanya.

BACA : Gunakan Aplikasi Mypertamina, Pengusaha Transportir Mobil Tangki Diberi Penghargaan

“Pinjaman modal usaha ini merupakan Program Kemitraan sebagai salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Pertamina kepada masyarakat sekitar. Program Kemitraan Pertamina sendiri sudah ada sejak tahun 1993 yang merupakan mandat dari Kementerian BUMN yang wajib dilaksanakan oleh seluruh BUMN yang ada di Indonesia,” ujarnya, pada acara akad penyaluran siang tadi.

UMKM penerima pinjaman modal usaha ini memiliki usaha yang bervariatif mulai dari perdagangan, jasa dan industri. Adapun  jumlah pemberian pinjaman Program Kemitraan per sektor adalah  industri Rp 1.140.000.000, sektor jasa Rp 640.000.000, dan sektor perdagangan Rp 775.000.000.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pertamina yang sudah memberikan bantuan hingga pembinaan kepada kami pelaku UMKM. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, para pelaku UMKM sangat membutuhkan dukungan agar usaha kami tetap berlanjut, tidak hanya modal usaha tapi dukungan agar kami bisa tetap bertahan di tengah masa masa sulit seperti sekarang ini. Sekali lagi kami sangat berterimakasih kepada Pertamina,” ujar Siti Hairiah salah satu UMKM dari Kabupaten Paser.

BACA JUGA :  Pertamina Gencar Sosialisasikan Aplikasi MyPertamina Dan Program BBM 2020

Di tahun 2020, Pertamina telah menyalurkan Rp 12,5 Milyar pinjaman modal usaha kepada pelaku UMKM yang tersebar di seluruh provinsi di Kalimantan dengan rincian per sektor adalah sektor perdagangan sebesar Rp 5,2 Milyar, sektor industri Rp 2,9 Milyar, sektor jasa Rp 3,8 Milyar, peternakan Rp 310 juta dan perkebunan Rp 347 juta.

Selain pinjaman modal usaha, Pertamina juga memberikan pembinaan demi keberlanjutan dan perkembangan usaha UMKM yang sudah menjadi mitra binaan Pertamina, mulai dari pelatihan, pameran, hingga workshop kegiatan. Salah satu kegiatan pembinaan yang telah berlangsung di 2020 adalah kegiatan Pertamina SMEXPO 2020 yang diadakan bulan September 2020 sebagai ajang pameran dan pelatihan UMKM yang dijalankan secara virtual.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.