Legalitas UMKM Jadi Prioritas Cuncung Jika Terpilih

0

SEDERET program unggulan untuk membangun Kabupaten Tanah Bumbu sudah disiapkan pasangan bakal calon bupati, Syafruddin H Maming (Cuncung) dan wakilnya, M Alpiya Rakhman

JIKA memang nantinya amanah memimpin Tanah Bumbu diberikan masyarakat, maka Cuncung bakal melanjutkan program-program unggulan yang telah digulirkan bupati sebelumnya, Mardani H Maming.

Cuncung menyatakan program unggulan yang fokus akan mereka lanjutkan bila terpilih nanti adalah Tri Dharma pembangunan. Prioritasnya penggunaan APBD pada tiga sektor.

BACA : Pilbup Tanbu 2020, Alpiya Rakhman Minta Kadernya Tetap Santun

“Kita akan lanjutkan program unggulan Tri Dharma yakni bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” ujar Cuncung, Kamis (17/9/2020).

Selain itu kata Cuncung, Ia bersama Alpiya juga akan meningkatkan program-program di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Dasar paling utama kita akan memfasilitasi UMKM terkait legalitasnya. Untuk pengurusan dan biaya legalitas akan kita bantu sepenuhnya melalui dana APBD,” ujarnya.

BACA JUGA :  Prioritaskan 3 Sektor, Cuncung Ingin Berikan Pendidikan Gratis Hingga Ke Negeri Para Ulama

Kenapa legalitas? “Ya, karena dengan legalitas bantuan-bantuan akan mudah disalurkan untuk mereka khususnya bantuan dari pusat. Seperti BPOM, sertifikasi halal produk makanan, akta notaris, NPWP, dan lainnya,” jelas Cuncung.

Setelah mempunyai legalitas, kata Cuncung,  UMKM juga akan diberi pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidang dan keahliannya.

“Kita akan laksanakan pelatihan-pelatihan yang lebih kreatif, seperti pengembangan pengolahan berbagai macam makanan,” jelasnya.

Dengan berkembangnya UMKM itu nanti, maka secara otomatis membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat. “Kalau UMKM berkembang, secara otomatis lapangan kerja akan terbuka di masyarakat Bumi Bersujud,” pungkasnya.

BACA LAGI : Pilbup Tanbu 2020, Habib Banua Dukung Cuncung Dan Alpiya

Suksesi di pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu sudah di depan mata.  Demi membangun tanah kelahirannya, Cuncung rela meninggalkan kursi empuk di Senayan, Gedung DPR RI, Jakarta. 

Anggota Komisi VII DPR RI ini bakal berpasangan dengan Alpiya Rakhman, pria yang merangkap wakil ketua DPRD Tanah Bumbu. Keduanya mengusung jargon: Bersama Rakyat Kita Menang.

Selain duet milenial yang diusung PDIP, Gerindra dan PPP itu, kontestan lainnya di Pilbup Tanah Bumbu 2020 ialah Zairullah Azhar-M Rusli. 

Duet keduanya diusung oleh sejumlah parpol, seperti PKB, Golkar, PKS, PAN dan NasDem. Selain Zairullah-M Rusli, masih ada nama Mila Karmila. Pengusaha muda satu ini mencoba peruntungannya dengan Zainal Arifin via jalur non-partai politik.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.