Ringankan Warga Kurang Mampu, Zairullah-Rusli Pastikan Biaya Pengobatan Gratis

0

MANTAN Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dipastikan bakal maju di Pilkada Tanbu 9 Desember mendatang.

ZAIRULLAH menggandeng Muh Rusli sebagai wakilnya. Jika terpilih, Zairullah-Rusli berkomitmen untuk menjalankan program yang pro rakyat, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah.

“Seluruh masyarakat Tanah Bumbu punya hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dan itu semua dari mereka, uang rakyat,” ucap Zairullah dalam rilis tertulis yang diterima jejakekam.com, Jum’at (5/9/2020).

Politisi PKB ini menyebut jika diamanahkan rakyat Tanbu, pelayanan pengobatan kesehatan gratis mulai dari pelayanan dari Puskesmas di desa sampai ke rumah sakit.

“Ini berjenjang akan kita buat sebuah sistem sehingga semua masyarakat begitu mudah mendapatkan pelayanan pengobatan kesehatan gratis” tegas dia.

Zairullah mengatakan pengobatan gratis tidak hanya pada tindakan medis dasar, namun hingga tindakan operasi pun akan diupayakan gratis bagi masyarakat.

Bukan tanpa alasan, baginya program pengobatan gratis ini dalam rangka secara konsisten menunjang program peningkatan sumber daya manusia yang akan dikembangkan nantinya
.

“Semua SDM Tanah Bumbu ini harus kita persiapkan menghadapai masa depan, dua hal yang harus kita persiapkan pendidikan dan kesehatan disamping ditunjang oleh ekonomi, kalau dalam pendekatan teorinya disebut Human Development Index,” terangnya.

BACA JUGA : Resmi Daftar Jadi Kontestan Pilkada Tanbu, Zairullah: Ada Cita-Cita yang Belum Tercapai

Pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis ini akan disertai dengan sosialisasi edukatif, sehingga masyarakat bisa paham dengan visi-misi untuk membangun daerah.

Ketika ditanya darimana sumber pendanaan program pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis ini, Zairullah Azhar menjelaskan secara terperinci, bahwa potensi daerah harus dioptimalkan guna membiayai program yang pro masyarakat.

Dia mengakui saat ini APBD Tanbu hanya berkisaran Rp 1,2 triliun, namun dengan potensi laut yang belum dioptimalkan secara maksimal akan menjadi sumber pendapatan daerah.

Zairullah menargetkan potensi kelautan bisa menyumbang hingga Rp 1 triliun per tahun, sehingga bisa membiayai program unggulan daerah.

BACA JUGA : Dua Pasang Calon Perseorangan Pilkada Tanbu Miliki Ketidaksesuaian Dukungan

“Bentuknya dengan seperti apa? Kita punya kapal, memang tidak murah kapalnya, tapi dia akan keluar mencari ikan, dan kita ikut berdagang,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI ini meyakini potensi laut Tanbu bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Bumi Bersujud, sehingga angka pengangguran bisa ditekan seoptimal mungkin.

“Insya Allah dengan adanya tambahan pendapatan dari laut ini akan memberikan pendapatan kepada seluruh nelayan-nelayan yang ada kita kerja sama, kita dapat tambahan Rp 1 triliun APBD, dari awalnya Rp 1,2 triliun bisa jadi Rp 3 triliun APBD kita pertahun,” tutup Zairullah. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.