Kai Api, Ikonnya Siring Menara Pandang

0

Oleh : Noorhalis Majid

KAI API. Begitu engkau dikenal. Seantero Banua mengenalmu sebagai Kai Api, bukan nama aslimu Muhammad Arsyad. Akrobatmu yang berbahaya memainkan api, sangat unik. Sulit menandingi. Bahkan tergambar begitu akrabnya dirimu dengan api, seolah tidak mungkin membakar tubuh.

SEMUA mengakui, engkaulah ikon Siring Menara Pandang. Sepi bila aksimu tidak ada lagi. Salah satu magnet obyek wisata tersebut adalah dirimu. Yang rela berlumur minyak tanah untuk menghibur pengunjung. Rela gosong karena diselimuti asap obor.

Semua terhibur, tertawa, kagum. Anak-anak riang histeris melihat aksimu di atas pundak ayahnya.  “Bantu kai beli minyak tanah, silahkan lempar uang recehnya untuk mintak tanah”, begitu engkau mengimbau agar aksi-aksi yang menghibur tersebut terus berlanjut.

BACA : Hasil Swab Belum Keluar, Kai Api Meninggal Dunia Di Usia 81 Tahun

Untuk menghibur orang lain, engkau turunkan segala ego, prestasi, dan berbagai capaian yang sebenarnya sangat tinggi, tidak mudah meraihnya.

Kami tahu, sebenarnya engkau adalah bintang. Berbagai kejuaraan engkau menangkan. Berbagai event engkau taklukan. Engkaulah  juara sejati itu.

Hari ini pun, engkau menaklukan hati banyak orang dengan berbagai aksimu yang menghibur, walau tanpa medali, sebagaimana sering dikalungkan pada lehermu.

BACA JUGA : Dari Atlet Lari Maraton Era 90-An, Kai Api Turut Mempopulerkan Wisata Siring Tendean

Kai, warga kota ini sangat kehilangan. Kami semua kehilangan. Selamat beristirahat dengan tenang. Semoga semua amal baikmu yang hingga usia 81 tahun terus menghibur orang, menjadi amal ibadah yang tak ternilai di sisi Allah SWT.

Kota ini akan mencatat namamu, bukan pada monumen atau prasasti, tapi pada setiap ingatan warganya yang terhibur karena aksimu. Selamat jalan Kai Api, damai di sisiNya. Amin.(jejakrekam)

Penulis adalah Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel

Penggemar Kai Api

(Isi dari artikel ini sepenuhnya tanggungjawab penulis bukan tanggung jawab media)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.